Pemodelan Respon Struktur Pemecah Gelombang Tipe Terapung dengan Peredam Tambahan (Heave Plate)

Authors

  • Muh Akhsan Samaila Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Marina Abriani Butudoka Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v4i2.193

Keywords:

struktur terapung, hydrodynamic damping, heave motion, integrasi numerik

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas sebuah pemecah gelombang terapung adalah dengan memperbesar hydrodynamic damping atau viscous damping. Redaman hidrodinamik bergantung pada bentuk dan frekuensi gerakan dari struktur.  Penelitian ini bertujuan meninjau pengaruh penambahan redaman pada struktur terapung dengan variasi sudut yaitu 90o, 150o dan 180o yang membatasi respon gerak struktur terapung hanya arah vertikal (heave motion) dimana sistem pengikat berupa pile untuk menjaga struktur terapung hanya bergerak secara vertikal. Model uji struktur terapung memiliki dimensi panjang 1.1 m, lebar 0.6 m dan tinggi 0.4 m. Gelombang yang digunakan pada model adalah gelombang regular dimana gelombang dicatat menggunakan alat wave gauge sedangkan pencatatan respon gerak struktur menggunakan alat accelerometer. Gerak translasi arah vertical (heave motion) diperoleh dari hasil integrasi numerik data kecepatan hasil pencatatan accelerometer. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai rasio redaman yang paling besar (ζ) yaitu redaman tambahan dengan variasi sudut 90o sebesar 0.418 sedangkan redaman tambahan dengan sudut 180o dan 150o masing-masing sebesar 0.344 dan 0.326. Untuk respon gerak struktur terapung (gerak translasi), sistem redaman tambahan yang memiliki sudut 90o paling besar mengurangi simpangan gerak translasi sebesar 0.1 m.

References

Althen, Strain Gauge Accelerometer ARK-A, dikases dari http://www.altheris.com/p/Strain-gauge-accelerometer-ARK-A/A064-10804-009,

Fousert, M.W., 2006, Floating Breakwater : Theoretical Study of a Dynamic Wave Attenuating System, Thesis, Delft University Of Technology, Netherlands.

Koh, H.S., Lim, Y.B., 2015, Floating Performance Stage at the Marina Bay, Large Floating Structure, Springer, Singapore, Vol 3, Hal 37-54.

Luong, J., 2015, Acceleration to Displacement Using Cumtrapz and not Getting The Anticipated Amplitudes, diakses dari https://www.mathworks.com/matlabcentral/answers/234326-acceleration-to-displacement-using-cumtrapz-and-not-getting-the-anticipated-amplitudes.

Sarpkaya, T.S., 2010, Wave Forces on Offshore Structures.

Slifka, D.S., 2004, An accelerometer based approach to measuring displacement of a vehicle body, Thesis, University of Michigan, USA.

Paz, M., Leigh, W., 2004, Structural Dynamics : Theory and Computation, Kluwer Academic Publishers, USA, Edisi 5, Hal 37-39.

Wang, M.C., Wang, T.B. (2015) : Large floating structures, Singapore, Springer.

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

Samaila, M. A., & Butudoka, M. A. (2018). Pemodelan Respon Struktur Pemecah Gelombang Tipe Terapung dengan Peredam Tambahan (Heave Plate). Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 4(2), 65–71. https://doi.org/10.33506/rb.v4i2.193

Issue

Section

Articles