Studi Pemasaran Dan Pola Distribusi Usaha Telur Ikan Terbang Di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan

Authors

  • Muhammad Ayusal Salam Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pola distribusi, telur ikan terbang

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi pola distribusi telur ikan terbang di Kabupaten Takalar, (2) Menganalisis keuntungan dan margin pemasaran pada lembaga pemasaran telur ikan terbang, (3) Menganalisis dan mengidentifikasi masalah distribusi pada lembaga pemasaran telur ikan terbang. Penelitian ini dilaksanakan di desa Palalakan Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terstruktur dan mendalam terhadap sampel yang dipilih secara purposive sampling terhadap 43 responden yang terdiri dari 30 nelayan patorani, 10 Papalele, 2 pedagang pengumpul dan 1 eksportir dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif (rumus margin, keuntungan) serta analisis Fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola distribusi usaha telur ikan terbang bersifat satu arah sesuai dengan rekan kerja dimana nelayan memasarkan ke papalele, papalele ke pedagang pengumpul dan pedagang pengumpul ke eksportir (2) Eksportir memiliki margin dan keuntungan lebih besar dibandingkan lembaga lain yaitu sebesar Rp.50.000 per kilogram, (3) Hasil analisis fishbone menunjukkan bahwa pola distribusi usaha telur ikan terbang menunjukkan bahwa nelayan patorani merupakan orang yang tidak memiliki keuntungan besar karena tidak memilki kekuasaan penuh dalam menentukan harga yang disebabkan oleh ketidak mampuan nelayan patorani dalam memodali usahanya sendiri sehingga membutuhkan pinjaman modal dari lembaga lain khususnya kepada papalele, sehingga perlu adanya perubahan pola distribusi dan keterlibatan pemerintah untuk membantu nelayan patorani sehingga mampu memiliki modal sendiri sehingga tidak bergantung pada lembaga usaha lain

References

Anindita, R. 2003. “Dasar-dasar Pemasaran Hasil Pertanianâ€. Universitas Brawijaya. Malan Ali, S. A. 2005. Kondisi Sediaan dan Keragaman Populasi Ikan Terbang (H. oxycephalus) di Laut Flores dan Selat Makassar.Disertasi. Program Pasca Sarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar

Ali S. A. 2012. Biologi Ikan Terbang. Pustaka Akra. Makassar. Baso, A. 2004.Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Ikan Terbang Berkelanjutan di Selat Makassar dan Laut Flores (Suatu Kajian Bioteknis social Ekonomi).Makassar.

Bengen, D.G., 2005. Merajut Keterpaduan Pengelolaan Sumberx Daya Pesisir dan Laut Kawasan Indonesia Timur Bagi Pembangunan Kelautan Berkelanjutan.Disajikan pada Seminar Makassar Maritime Meeting.Makassar.

Dahuri, H.R. 2000. Model Pembangunan Sumber Daya Ikan Secara Berkelanjutan. Prosiding Simposium Perikananx Indonesia I. Hal.297-316.

Dinas Kelautan dan Perikanan.2004 Dalam sihotang.Pedoman Umum Kemitraan Usaha Perikanan Sulawesi Selatan.

Dwiponggo, A. TSujastani, dan S. Nurhakim. 1983. Pengkajian potensi dan tingkat pengusahaan perikanan torani di perairan Sulawesi bagian Selatan. Laporan Penelitian Perikanan Laut 25:l-12.

Fajar.2003. Ekspor Sulsel ke Jepang Turun Sembilan Persen.Http:// www.fajar.co.id/

Hanafiah dan Saefuddin A.M. 1986. Tataniaga Hasil Perikanan. UI-Press, Jakarta.208 halaman. H. Simon, "Organizations and markets," Journal of Economic Perspectives, vol. 5, no. 2 (1991), p. 28.

Hartono, et al. 2005. Pengembangan Tekhnik Rapid Apprasial For Fisheries (Rapfish) Untuk Penentuan Indikator Kinerja Perikanan Tangkap Berkelanjutan di Indonesia.

Hutomo M. Burhanuddin. 1985. Seri Sumberdaya Alam. Sumberdaya Ikan Terbang. Studi Potensi Sumberdaya Hayati Ikan Lembaga Oseanografi Nasional, LIPI. Jakarta: 74 hal

Kusnadi. 2004. Polemik Kemiskinan Nelayan. Pondok Edukasi dan Pokja Pembaruan.Bentul. Made, S. 2007.Analisis Keuntungan Usaha Penangkapan Telur Ikan Terbang dan Saluran Pemasarannya.Lampiran Penelitian Kerjasama FIKP Unhas-LIPI.Jakarta.

Made S dkk.2004. Analisis Margin dan Efisiensi Pemasaran Ikan Kerapu kering dari Taman Laut Nasional Takabonerate.Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan.Vol I Nomor 1.Unhas. Makassar Mallawa, A. 1978.Suatu Analisa Perbandingan Efisiensi Drift Gillnet (Jaring Insang Hanyut) dan Pakkaja (Bubu Hanyut) untuk Penangkapan ikan terbang (Cypselurus spp) di Perairan Selat Makassar Suawesi Selatan. Tesis Fakultas Ilmu KelautanUnhas. Ujung Pandang. Mubyarto,1985. Perikanan Ikan Terbang di Sulawesi Selatan Ditinjau dari Aspek Penangkapan dan Sosial Ekonomi Simposium Modernisasi Rakyat, Jakarta: 22 hal.

Nessa, M.N. dan U.H. Slamet. 1985. Prospek dan pengembangan komoditi ekspor sumberdaya hayati akuatik di Indonesia Timur.

Sihotang, A. 2004. Disertasi Model Pengembangan Perikanan Ikan Terbang (Cypselurus spp) Di Sulawesi Selatan.

Downloads

Published

2019-07-25

How to Cite

Salam, M. A. (2019). Studi Pemasaran Dan Pola Distribusi Usaha Telur Ikan Terbang Di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan, 1(1), 26–36. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jrpk/article/view/508