Analisis Fiansial Usaha Perikanan Tangkap Pole And Line Di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah

Authors

  • Ellen loupatty Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Potensi sumberdaya ikan cakalang, efektifitas perikanan huhate, kelayakan finansial usaha perikanan tangkap

Abstract

Maluku sebagai Provinsi kepulauan dengan luas wilayah 712.479 km2, yang terdiri dari lautan 658.294 km2 (92,4 %) dan daratan 54.185 km2. Fakta ini mengindikasikan bahwa perairan laut Maluku  memiliki sejumlah potensi perikanan yang terkandung di dalamnya yang perlu untuk di kelolah dan dimanfaatkan secara berkelanjutan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Menurut monintja (1987), mengatakan bahwa apabila pengembangan perikanan tangkap disuatu wilayah perairan yang berorientasi pada perluasan kesempatan kerja, maka teknologi yang perlu dikembangkan adalah unit penangkapan ikan yang relatif dapat menyerap tenaga kerja dengan pendapatan per nelayan memadai. Studi ini memprioritaskan kajian finansial perikanan huhate/pole and line karena alat tangkap tersebut dominan dalam menangkap ikan cakalang dan memiliki produktivitas penangkapan yang tinggi, serta tenaga kerja yang terserap cukup banyak. Tujuan Penelitian ini secara umum menganalisis financial usaha perikanan tangkap huhate/pole and line di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Lokasi penelitian adalah negeri Haria dan Negeri Paperu Kecamatan Saparua. Metode anlisis data yang digunakan adalah (1) metode analisis Finansial, (2) Metode analisis kelayakan usaha. Hasil analisis kelayakan usaha nilai R/C Ratio usaha perikanan Pole And Line di Kecmatan Saparua pada Musim Ikan Sebesar 5,2 atau 66,6 %, maka usaha ini dikatakan mendapat keuntungan sebesar 5,2 kali. Sedangkan nilai R/C Ratio Bukan  Musim Ikan sebesar 2,6 atau 33,4 %, dengan demikian usaha ini dikatakan layak (GO)â€.

References

Abdula, A. 2011. Analisis Aspek teknis Unit pengkapan Pole And Line Di Perairan Teluk Bone Di Kabupaten Luwu. Skripsi. Prodi PSP. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan . universitas Hasanudin Makasar.

Effendi. H, Oktariza,W. 2006 Manajemen Agrobisnis Perikanan. Penebar Swadya. Jakarta.

Hehakaya, 2005. Alternatife Sistem Bagi Hasil Nelayan Pole And Line Di Kecamatan Saparua,Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi Fakultas Perikanan Universitas Pattimura .Ambon

Monintja.D.R. dan Sulkarnain. 2013. Teknologi Penangkapan Ikan Tuna bagi peningkatan kesejahtraan Rakyat. Direktorat Jenderal Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Dan Pemasaran. Direktorat Sistem Permodalan dan Investasi Departemen Kelautan dan Perikanan.

Mulyadi S. 2007. Ekonomi Kelautan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 148 hlm.

Rahardi, F. 2005. Agrobisnis Perikanan. PT. Sawadaya, Jakarata.

Rosyidi, Suherman. 2005. Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro (Edisi Revisi). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Downloads

Published

2019-07-25

How to Cite

loupatty, E. (2019). Analisis Fiansial Usaha Perikanan Tangkap Pole And Line Di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan, 1(1), 52–66. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jrpk/article/view/510

Most read articles by the same author(s)