Aspek Biologi dan Teknis Penangkapan Telur Ikan Terbang yang Didaratkan pada Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual

Authors

  • Yanto Anwar Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33506/jrpk.v5i2.2506

Abstract

Tingginya nilai ekonomi telur ikan terbang di pasar domestik maupun ekspor menjadikan ikan terbang sebagai target utama nelayan di Tual. Informasi biologis dan teknis penting untuk keberlanjutan perikanan ikan terbang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek biologi dan teknis perikanan telur ikan terbang di Tual. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan nelayan dan data sekunder tangkapan telur ikan terbang di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual. Analisis data dilakukan melalui perhitungan CPUE dan analisis deskriptif. Hasil kajian menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah kapal dan alat tangkap yang mengakibatkan penurunan sumber daya ikan dan produktivitas unit penangkapan ikan, serta penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Rekomendasi yang perlu dilakukan adalah penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan, pembatasan jumlah alat tangkap dan pembatasan jumlah hasil tangkapan. Pembatasan jumlah alat tangkap bale-bale dimaksudkan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan layang dengan cara setiap kapal yang melakukan operasi penangkapan telur ikan wajib melepaskan 20% dari total bale-bale yang digunakan untuk kelestarian sumber daya ikan terbang.

References

Ali, S.A, Nessa M. N. 2006. Status ilmu pengetahuan ikan terbang di Indonesia (Hirundichthys oxycephalus). In S. B. A. Omar, M. N. Nessa, A. Syahailatua, S. A. Ali, I. Burhanuddin, A. Djamali, & M. Hutomo (Eds.). Prosiding Loka Karya Nasional Perikanan Ikan Terbang SelatMakassar. 20-21 September 2005. Universitas Hasanuddin. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. Departemen Kelautan dan Perikanan-Lembaga Oseanologi Nasional. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 16-37.

Hutomo, M. Burhanuddin, SulartoMartosejowo, 1985. Seri sumberdaya alam. sumberdaya ikan terbang. Studi potensi sumberdaya hayati ikan. Lembaga oseanografi nasional, LIPI. Jakarta.

Kovalevskaya, NV. 1982. Superflous reproduction and development of flying fishes of the family exocoetidae. J Ichthyol. 22(4):48-54.

Kawimbang, E., I.J. Paransa, dan M.E. Kayadoe. 2012. Pendugaan stok dan musim penangkapan ikan julung-julung dengan soma roa di perairan tagulandang, kabupaten kepulauan Siau Tagulandong Biaro. J. Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. 1(1):10- 17.

Nabunome, W. 2007. Model Analisis Bioekonomi dan Pengelolaan Sumberdaya Ikan Demersal (Studi Empiris di Kota Tegal Jawa Tengah). Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Nelwan, A.F.P. 2001. Studi tentang variabilitas hasil tangkapan mini purse seine di perairan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dan hubungannya dengan faktor lingkungan. [Tesis]. Bogor. Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor. 127 hlm.

Quirijns, F.J., Poos, J.J., Rijnsdorp, A.D., 2008. Standarizing commercial cpue data in monitoring stock dynamics: accounting for targeting behaviour in mixed fisheries. J Fish Res. 89:1-8.

Rahmawati, M., Fitri, A.D.P., Wijayanto, D. 2013. Analisis hasil tangkapan per upaya penangkapan dan pola musim penangkapan ikan teri (Stolephorus Spp) di perairan Pemalang. JFRUMT. 2(3):213-222.

Sihotang, S. 2004. Pengembangan perikanan ikan terbang (Cypselurus spp.) di Sulawesi Selatan. [Disertasi]. Program Pascasarjana, IPB. Bogor.

Sparre, P., Venema, S.C. 1999. Introduction Tropical Fish Stock Assessment (Introduksi Pengkajian Stok Ikan Tropis. Terjemahan dari: FAO dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta (ID). 202-234 hlm.

Syahailatua. A. 2008. Ekspor telur ikan terbang. Trubus. 464:158-159.

Tahapary, J., Simbolon, D., Nurani, T.W. 2010. Strategi pengembangan perikanan pelagis kecil di perairan Kabupaten Maluku Tenggara. Forum pascasarjana 33(4): 285-297.

Triarso, I. 2012. Potensi dan peluang pengembangan usaha perikanan tangkap di Pantura Jawa Tengah. J Saintek Perikanan. 8(1):65-73

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Anwar, Y. (2023). Aspek Biologi dan Teknis Penangkapan Telur Ikan Terbang yang Didaratkan pada Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual. Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan, 5(2), 62–72. https://doi.org/10.33506/jrpk.v5i2.2506