Pengembangan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Sungai Winongo Di Kricak Kota Yogyakarta

Authors

  • Wahidatul Rizqi Firianti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v5i1.789

Keywords:

Ruang Terbuka Hijau, Kritik Tokoh, Pengembangan Kawasan

Abstract

Kuantitas dan kualitas ruang terbuka publik terutama Ruang Terbuka Hijau (RTH) saat ini mengalami penurunan yang sangat signifikan dan mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan hidup perkotaan yang berdampak keberbagai sendi kehidupan perkotaan antara lain sering terjadinya banjir, peningkatan pencemaran udara, dan menurunnya produktivitas masyarakat akibat terbatasnya ruang yang tersedia untuk interaksi sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan analisis pengembangan Ruang terbuka hijau dan kritik teori didalamnya. Metode yang digunakan adalah  kualitatif. Setelah data lapangan lengkap selanjutnya dianalisis dengan menarik sebuah kesimpulan. Untuk menguji hasil data lapangan, penulis mencoba melakukan validitas dengan metode trianggulasi. Hasil temuan penelitian ini adalah adanya tiga upaya pengembangan Ruang Terbuka Hijau yang partisipatif yakni, Ekologis, Edukatif, dan ekonomis guna berdaya saing dengan era globalisasi dalam pembangunan berkelanjutan. Selain itu juga ada beberapa kritikan tokoh yang melihat pengembangan kawasan ini sebagai batasan pertumbuhan dibidang biofisik dan etika sosial. Penulis juga menemukan beberapa kebijakan yang terkait dengan pengembangan Ruang Terbuka Hijau dan analisis pengembangan kawasan Ruang Terbuka Hijau.

References

A.S.Culla, Form Adjustment to Sustainable Development, dalam the case against Free Trade, Berkeley: North Atlantic Books, 1999:123.

Eva Siti Sundari, Studi Untuk menetukan fungsi hutan kota dalam masalah lungkungan perkotaan, Jurnal PWK Unisba.

Herman Daly E. 1993. Form Adjustment to Sustainable Development, dalam the case against Free Trade, Berkeley: North Atlantic Books.

Herman Daly, 1996, Beyond Growth: The Economics of Suistanable Development. Boston:Beacon Press.

King, Laura A., 2010. Psikologi Umum. Penerbit Salemba Humanika. Jakarta.

Laporan Bappeda, Pengembangan Kawasan Sungai Winongo, 2018

Nadia Astriani, Implikasi Kebijakan Ruang Terbuka Hijau dalam Penataan Ruang di Jawa Barat, Jurnal Ilmu Hukum vol 8 no 2 April-Juni 2014

Peraturan Menteri No. 5 Tahun 2008,

Peraturan Menteri Pasal 4 ayat 1 tentang tipologi ruang terbuka hijau

Purwanto, Edi, 2007, Ruang Terbuka hijau di Perumahan Graha Estetika Semarang, Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Permukiman , Volume 6 No. 1. Maret 2007.

Robert S., 2012. Pengantar Psikologi. Penerbit Salemba Humanika. Jakarta.

Undang Undang No 26 Tahun 2007 tenta

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Firianti, W. R. (2019). Pengembangan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Sungai Winongo Di Kricak Kota Yogyakarta. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.33506/jn.v5i1.789