Enterpreneurial Government Dalam Persepsi Pejabat Birokrasi Pemerintah Di Kabupaten Sorong Selatan

Authors

  • Fransina B. Thesia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ali Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Purnomo Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Entrepreneurial Government, Birokrasi Pemerintah, Sorong Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa perspektif pejabat birokrasi pemerintahan Kabupaten Sorong Selatan dalam menerima dan memahami ide Enterpreneurial Government; dan untuk memahami faktor-faktor penjelas persepsi pejabat birokrasi Kabupaten Sorong Selatan dalam menerima ide Enterpreneurial Governmen. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuisioner (angket); wawancara; observasi; dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pejabat struktural yang ada di pemerintah daerah Kabupaten Sorong Selatan sejumlah 846 buah jabatan structural, adapun sampel penelitian diambil sebanyak 50 orang dan ditentukan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada keraguan dan ketidakpahaman pegawai terhadap aspek-aspek yang ada pada Entrepreneurial Government sehingga dapat simpulkan pandangan dan pengetahuan pejabat birokrasi terhadap konsep Entrepreneurial Government masih sangat rendah.

References

Caiden, G.E., 1991, Administrative Reform Comes of Age, New York, N.Y : De Gruyter.

Osborne, David and Ted Gabler, 1992, Reinventing Government : How The Enterpreneurial Spirit Is Transforming The Public Sector, A Reading MA : Addison Wesley Longman, Inc.

Osborne, David and David Plastrik, P. 1997, Banishing Bureacracy : The Five Strategies for Reinventing Government, A Reading MA : Addison Wesley Publishing Company, Inc.

Downloads

Published

2019-10-19

How to Cite

Thesia, F. B., Ali, M., & Purnomo, A. (2019). Enterpreneurial Government Dalam Persepsi Pejabat Birokrasi Pemerintah Di Kabupaten Sorong Selatan. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 2(4), 10–29. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/627

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>