SISTEM INFORMASI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI DENGAN PELAYANAN ONE DAY SERVICE BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG)

Rendra Soekarta, Eri Fridayanti

Abstract

Abstrak


Universitas Muhammadiyah Sorong merupakan satu-satunya Universitas swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Pada setiap tahunya Kampus Universitas Muhammadiyah menyelenggarakan Ujian Tes Masuk Perguruan Tinggi. Pada sistem awal pelaksanaan Ujian bagi Calon Mahasiswa Baru di Kampus Universitas Muhammadiyah Sorong masih secara manual, masih menggunakan kertas, alat tulis dan masih memerlukan waktu yang banyak dalam mengerjakan soal serta hasil penentuan jurusan berdasarkan nilai ujian masih di umumkan di papan pengumuman. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi yang dapat digunakan untuk memudahkan panitia ujian dalam pelaksanaan ujian, pengoreksian jawaban, menentukan nilai serta penentuan jurusan bagi calon mahasiswa berdasarkan nilai hasil ujian dan mengurangi estimasi waktu dalam pengerjaan soal ujian.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall untuk pengembangan perangkat lunak dengan tahapan Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi (coding), Pengujian, Penerapan dan Pemeliharaan Sistem. Sistem Informasi ujian ini di bangun menggunakan Bahasa Pemograman PHP 5.6.31 d dan MySql 4.8.2. Kemudian Perancangan Database menggunakan UML dan ERD . Implementasi Sistem Informasi Ujian ini meliputi Pengerjaan Ujian, Pembuatan Soal, Data Peserta Ujian dan Calon Peserta dapat mengetahui nilai hasil ujian dan Penentuan lulus ke jurusan berdasarkan perolehan nilai ujian.

Keywords

Sistem Informasi Ujian Online, Waterfall, PHP, Mysql

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Antony Susanto, & Henky Susanto. (2013). Perancangan Ujian Online pada STMIK GI MDP. Jurnal Informatika. Bobby Melky Tulangouw. (2011). Sistem Ujian Berbasis Web. jurnal teknologi dan informatika, vol.1. Desi Vera Sundawa Putri, Asep Deddy, & Bunyamin. (2014). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Algoritma, Vol.11(No.1). Muhamad Son Muarie. (2015, Maret). Rancang Bangun Sistem Ujian Online pada SMP Negeri 8 Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), Vol II(No. 1). Perkasa, D. A., Saputr, E., & Fronit, M. (2015, Februari). Sistem Ujian Online Essay dengan Penilaian Menggunakan Metode Latent Sematic Analysis (LSA). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.1(No.1). Rochmawati Daud, & Valeria Mimosa Windana . (2014, Maret). Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer pada Perusahaan Kecil (Studi Kasus Pada PT.Trust Technology). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.12(No.1). Safitri, P. K., Winarno, W. W., & Pramono, E. (2018, Juli). Optimasi Query untuk Sistem Informasi Penjadwalan Mata Pelajaran Sekolah Menggunakan View (Studi Kasus : SMK VIP Purworejo). Jurnal Teknologi Informasi, Vol.XIII(No.2). Yusdiardi. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus : PT.I-Cube Creativindo). Sains dan Teknologi. Soekarta, R. (2015). RANCANG BANGUN SISTEM AKADEMIK BERBASIS WEB (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Sorong).Insect (Informatics and Security) : Jurnal Teknik Informatika, 1)1), 1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.