Pengembangan Aplikasi Pelayanan Agen Bank pada Unit Kegiatan Mahasiswa Minibank menggunakan metode Rapid Application Development (RAD)

Pengembangan Aplikasi Pelayanan Agen Bank pada Unit Kegiatan Mahasiswa Minibank menggunakan metode Rapid Application Development (RAD)

Authors

  • Deddy Prihadi Universitas Pancasakti Tega
  • Bei Harira Universitas Pancasakti Tegal
  • Agnes Dwita Susilawati Universitas Pancasakti Tegal
  • Dien Noviany Rahmatika Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v9i1.2396

Keywords:

agen bank, mini bank, pelayanan, keuangan, sistem informasi

Abstract

Kebutuhan pengembangan sistem informasi dan teknologi yang semakin pesat membuat banyak perubahan pada pola distribusi data. Kegiatan input, proses dan output yang dilakukan secara manual menyebabkan tidak efisiensinya waktu dan tenaga SDM serta akurasi penyajian informasi yang tidak akurat. Sistem informasi dapat membantu kegiatan input, proses dan output menjadi efektif dan efisien, disamping itu sistem informasi dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis khususnya pada penyelengaran pelayanan agen bank yang dapat menciptakan keunggulan dan kemudahan dalam proses transaksi bagi masyarakat. Pelaksanaan aktifitas transaksi pembayaran pada pengelengaran Agen Bank selama ini masih dilakukan secara manual dengan rekap laporan masih menggunakan MS. Excel. Sistem seperti ini masih memiliki banyak kekurangan karena selain belum terintegrasi, proses transaksi dalam menangani transaksi pada masyarakat akan menjadi kendala tersendiri bagi teler di pada Agen Bank. Belum lagi untuk urusan rekap laporan keuangan yang harus direkap ulang satu-persatu sehingga menyebabkan pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien.Pengembangan sistem dilakukan pada penyelengara pelayanan pada Agen Bank dengan membuat aplikasi pembayaran berbasis web yang dapat diakses secara online oleh petugas teller Agen Bank. Sistem yang dikembangkan memiliki database secara online sehingga setiap transaksi pada penyelengara Agen Bank sudah tersimpan dengan baik, mudah untuk dibuat laporan dan siap untuk menangani transaksi pembayaran masyarakat sebanyak apapun serta memudahkan petugas teller dalam merekap laporan secara otomatis dan membuat laporan keuangan dengan mudah.

References

M. Z. Sunarto, “Bank Mini Syariah di Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Peluang & Harapan),” AL-IQTISHOD J. Pemikir. dan Penelit. Ekon. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 19–38, 2021.

J. E. Lelengboto, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agen Brilink PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Bitung,” J. Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 4, pp. 457–480, 2017.

F. Amrullah, M. Andarwati, G. Swalaganata, and H. E. Rosyadi, “Pengembangan Aplikasi Android MVTE dengan Metode RAD,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 122–130, 2021, doi: 10.26905/jtmi.v7i2.6754.

A. Ramadhan, A. Zaidiah, and M. B. Wibisono, “Penggunaan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Pada Pt Adyawinsa Telecommunication & Electrical,” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., vol. 3, no. 2, 2022.

H. S. Seputra and A. R. Kardian, “Implementasi Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Virtual Class pada SMAN 14 Bekasi Berbasis Web,” J. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, 2021.

A. Rahman, “Rapid Application Development Sistem Pembelajaran Daring Berbasis Android,” J. Intech, vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2020.

H. Faqih, A. B. Hikmah, and W. Azizah, “Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Pengembangan Aplikasi e-Fin Mosque Z,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 8, no. 1, pp. 83–91, 2020.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Indeks, 2018.

A. Dennis, B. H. Wixom, and R. M. Roth, System Analysis and Design. New York: John Wiley & Sons, Inc, 2018.

S. Aswati and Y. Siagian, “Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., pp. 317–324, 2016.

Published

2023-10-31

How to Cite

Prihadi, D., Harira, B., Susilawati, A. D., & Rahmatika, D. N. (2023). Pengembangan Aplikasi Pelayanan Agen Bank pada Unit Kegiatan Mahasiswa Minibank menggunakan metode Rapid Application Development (RAD): Pengembangan Aplikasi Pelayanan Agen Bank pada Unit Kegiatan Mahasiswa Minibank menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.33506/insect.v9i1.2396