Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu 3R Di Kelurahan Klawuyuk Sorong Timur Papua Barat

Authors

  • Annisa Mega Maharani Wasaraka Universitas Papua
  • Anton S. Sinery Universitas Papua
  • Eng. Hendri Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v13i2.1372

Keywords:

Perencanaan, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu 3R, Sampah, TOWS, Sorong Timur

Abstract

Sorong merupakan Kota yang ada di Provinsi Papua Barat, perlu melakukan pengelolaan sampah secara serius sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, khusunya di Kelurahan Klawuyuk Sorong Timur.Timbulan sampah yang dihasilkan cenderung semakin bertambah karena itu diperlukan pengolahan alternatif, yaitu pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R yang bertujuan untuk mengurangi laju pembuangan sampah dan pengolahan yang harus dikelola di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang secara langsung dapat memperpanjang umur TPA. Dengan menggunakan analisis TOWS (Threats Opportunity Weakness Strenghts) melihat faktor eksternal dan faktor internal dalam Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu diKelurahan Klawuyuk Sorong Timur.Penelitian bertujuan untuk Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Kelurahan Klawuyuk Sorong Timur. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan sampel sampah dari rumah warga Kelurahan Klawuyuk.Tahapan-tahapan penelitian meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data-data penunjang tentang Kelurahan Klawuyuk, analisis TOWS, harga Satuan Bahan Kota Sorong dan mencari volume serta timbulan sampah yang dihasilkan masyarakat dibagi sesuai klasifikasi rumah. Kemudian dilakukan analisa data secara keseluruhan dari data yang telah dikumpulkan.Volume timbulan rata-rata sampah di Kelurahan Klawuyuk adalah sebesar 1,95 liter/orang/hari serta berat timbulan rata-rata sampah di Kelurahan Klawuyuk sebesar 0,42 Kg/org/hari dan luas Total Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kelurahan Klawuyukadalah 415,609 m2, dan direncanakan kendaraan yang masuk di TPST di Kelurahan Klawuyukdalam 4 (empat) rit, dengan rit pertama masuk pada pukul 08.00 WIT, rit kedua pukul 10.00 WIT, rit ketiga pukul 13.00 WIT dan rit keempat pukul 15.00 WIT.

References

Badan Pusat Statistik Kota Sorong. Tahun 2019. Kecamatan Sorong Timur dalam Angka. Sorong : Badan Pusat Statistik Kota Sorong.

Basic Proce Kota Sorong 2020 Semester II Juli – Desember 2020.

Damanhuri, E. & Tri, P. 2010, Diktat Kuliah Teknik Lingkungan Pengelolaan Sampah. Bandung : Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementrian Pekerjaan Umum. 2008. Buku Pedoman 3R Berbasis Masyarakat di Kawasan Permukiman. Kementrian PekerjaanUmum. Jakarta.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementrian Pekerjaan Umum. 2011. Materi training untuk tingkat staf teknis proyek PLP sektor persampahan. Kementrian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementrian Pekerjaan Umum. 2014. Tata cara penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R Berbasis Masyarakat. Kementrian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28/PRT/M/2016 Tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan.Jakarta.

Standar Nasional Indonesia 19-3964-1994. Metode Pengambilan dan pengukuran contoh timbulan dan komposisi sampah perkotaan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta

Standar Nasional Indonesia 19-3983-1995. Spesifikasi Timbulan Sampah untuk Kota Kecil dan Kota Sedang di Indonesia. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Standar Nasional Indonesia 19-2454-2002. Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Sularmo. 2012. Dampak Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Bakung Terhadap Kualitas Air Sumur, Sosial, Ekonomi Dan Kesehatan Masyarakat Kelurahan Keteguhan Kota Bandar Lampung. Jurnal Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lampungbandar Lampung 2012

Tchobanoglous Goerge, Hilary Theisen & Samuel A. Vigil (1993). Integrated Solid Waste Management:Engineering Principles and Management Issues. Singapore : McGraw- Hill Co.

Widarnako, S. 2002, Buku Rekayasa Lingkungan Jilid II.Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia. Jakarta.

Downloads

Additional Files

Published

2021-11-22

How to Cite

Wasaraka, A. M. M., Sinery, A. S., & Hendri, E. (2021). Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu 3R Di Kelurahan Klawuyuk Sorong Timur Papua Barat. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 13(2), 70–80. https://doi.org/10.33506/md.v13i2.1372