Korelasi Parameter Kualitas Air Terhadap Laju Pertumbuhan dan Sintasan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)

Authors

  • Silvi Yunani Universitas Islam Malang
  • Husain Latuconsina Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Islam Malang
  • Nurul Jadid Mubarakati Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Islam Malang

Keywords:

Ikan mas, kalitas air, laju pertumbuhan

Abstract

Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) merupakan salah satu komoditas sektor perikanan air tawar yang terus berkembang pesat. Benih ikan mas yang unggul dalam kualitas dan kuantitas tidak lepas dari peranan kegiatan manajemen pemberian pakan dan manajemen kualitas air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kualitas air dan laju pertumbuhan maupun sintasan benih ikan mas pada media dengan pemberian dosis pakan yang berbeda. Penelitian dilakukan dalam laboratorium menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 3 perlakuan dan 1 kontrol. Setiap perlakuan memiliki ulangan sebanyak 3.  Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara parameter kualitas air dengan laju pertumbuhan maupun sintasan benih ikan mas. Hasil menunjukkan bahwa hubungan suhu dengan pertumbuhan bobot maupun panjang ikan maupun sintasan menunjukkan arah yang positif yaitu dengan nilai yang kuat dan sangat kuat. Sedangkan hubungan pH dengan pertumbuhan bobot dan panjang ikan maupun sintasan juga menunjukkan arah yang positif yaitu dengan nilai sedang dan kuat. Dan untuk hubungan DO dengan pertumbuhan bobot dan panjang ikan juga menunjukkan arah yang positif yaitu dengan nilai kuat dan sangat kuat.

References

Cahyono, Y. Rezi, D.G. dan Mukti, A.T. 2011. Pengaruh Pemberian Tepung Maggot (Hermetia illucens) dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan, Efisiensi Pakan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Mas (Cyprinus Carpio L). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 3 No. 2.

Fidia, N. Mijani, R. dan Abdur, R. 2013. Analisis Kesesuaian Kualitas Air Kolam Berdasarkan Parameter pH, DO, Amoniak, Karbondioksida dan Alkalinitas di Balai Benih dan Induk Ikan Air Tawar (BBI-IAT) Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Journal Fish Scientiae, Vol. 4, No. 6. Hal. 102-113.

Gunawan, I. dan Suraya, U. 2019. Pengaruh Pemberian Pakan Tambahan Tepung Kiapu (Pistia stratiotes) Dicampur dengan Pakan Komersil Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya. Jurnal Ilmu Hewani Tropika Vol 8. No. 1. ISSN : 2301-7783.

Hariadi, G. Usman, M. dan Mulyadi, T. 2019. Pengaruh Suhu Berbeda Terhadap Laju Pertumbuhan dan Kelulushidupan Benih Ikan Selais (Kryptopterus lais). Jurnal Perikanan dan Kelautan. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. 24(2):101-105.

Kadarini, T. Subandiyah. Rohmy, S. dan Kusrini, E. 2010. Adaptasi dan pemeliharaan ikan hias gurame coklat (Sphaerychthys ophronomides) dengan penambahan daun ketapang. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur hlm 809-815.

Latuconsina, H. 2020. Ekologi Perairan Tropis: Biodeversitas, Adaptasi, Ancaman, dan Pengelolaannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Makkaminan W. 2011. Studi Parameter Kualitas pada Air Lokasi Budidaya ikan di Danau Tondano Desa Eris Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Mambrasar, P. Monijung, R. Kalesaran, O. dan Watung, J. 2015. Sintasan Dan Pertumbuhan Larva Ikan Ikan Lele (Clarias sp) Hasil Penetasan Telur Melalui Penambahan Madu Dalam Pengenceran Sperma. Jurnal Budidaya Perairan. Program Studi Budidaya Perairan FPIK UNSRAT Manado. Vol. 3 No. 1: 101-107.

Mulqan, M., Rahimi, E., Afdhal S., dan Dewiyanti, I. (2017). Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Gesit (Oreochromis niloticus) pada Sistem Akuaponik Dengan Jenis Tanaman yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 2(1), 183-193.

Priyanto, Y. Mulyana. dan F. S. Mumpuni. 2016. Pengaruh Pemberian Daun Ketapang (Terminalia catappa ) Terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Program Studi Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda Bogor. Jurnal Pertanian, ISSN: 2087-4936. Vol 7, No 2.

Rahmadinah, T. 2013. Pengaruh Ekstrak daun Tangkai Buah Terung Cepoka (Solanum Torvum) Terhadap Persentasi Ikan Mas Betina (Cyprinus carpio). Skripsi Universitas Sriwijaya. Idralaya.

Ramli, A. (2018). Teknik Pemeliharaan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio) Pada Kolam Pendederan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi Jawa Barat. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Rochyani, N. 2018. Analisis Karakteristik Lingkungan Air dan Kolam Dalam Mendukung Budidaya Ikan. Jurnal Ilmu – Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan Volume 13, Nomor 1. Staf Pengajar Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang.

Saprianto, C. 2010. Usaha Ikan Konsumsi Lahan 100 m2. Penebar Swadaya. Jakarta. Hal. 47.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Serly, R., Suardi. dan Ummi M. 2021. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa) dan Probiotik Terhadap Laju Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Budidaya Perairan: Fakultas Perikanan. Universitas Andi Djemma Palopo. Fisheries of Wallacea Journal. Volume 2 : No. 1. P-ISSN: 2721-0456.

Wahidullah. 2016. Optimasi Larutan Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) dalam Upaya Mengobati Serangan Parasit pada Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Wihardi, Y. Yusanti, I.A. dan Haris, K. 2014. Feminisasi pada Ikan Mas (Cyprinus carpio) dengan Perendaman Ektrak daun-tangkai Buah Terung Cepoka (Solanum Torvum) pada Lama Waktu Perendaman Berbeda. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dab Budidaya Perairan. 9(1): 23-28.

Yanuar, V. 2017. Pengaruh Pemberian Jenis Pakan Yang Berbeda Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochiomis niloticus) dan Kualitas Air di Akuarium Pemeliharaan. Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Fakultas Pertanian Universitas Antakusuma. Volume 42 Nomor 2, Hal: 91-99.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Yunani, S., Latuconsina, H., & Mubarakati, N. J. (2024). Korelasi Parameter Kualitas Air Terhadap Laju Pertumbuhan dan Sintasan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan, 6(1), 170–180. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jrpk/article/view/2572