PENGARUH PENGAJARAN BILINGUAL DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 24 KOTA SORONG

Penulis

  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Erpin Said University of Rochester https://orcid.org/0000-0002-2053-3600
  • Eka Rahayu Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Marice Awairaro Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Theresia Djoroho Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4099

Kata Kunci:

Pengajaran Bilingual, Matematika,Penjumlahan, SD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengajaran  bilingual terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri 24 Kota Sorong, dengan fokus pada materi penjumlahan. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 31 siswa diberikan pretest, perlakuan berupa pengajaran bilingual (menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), dan posttest menggunakan soal yang sama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 74,84 meningkat menjadi 92,26 pada posttest. Uji statistik deskriptif dan uji Paired Sample t-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest (Sig. 2-tailed = 0,003). Metode pengajaran bilingual juga meningkatkan keterlibatan siswa, terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif selama pembelajaran.Dengan demikian, pengajaran bilingual terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika sekaligus memperluas kemampuan berbahasa Inggris mereka. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran inovatif seperti bilingual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di masa depan.

Referensi

Amalia, N., Ermawati, D., & Kuryanto, M. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2148–2155. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.685

Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.

Baihaqi, A., & Bahrodin, A. (2022). The Influence of bilingual learning on the learning motivation of low-grade students. Inovasi Kurikulum, 19 (1) (20(2), 196–207.

Gabriella Buria, Rahmatullah Bin Arsyad, & Arie Anang Setyo. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PBL BERBANTUAN GEOGEBRA. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 151–160. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4023

Daryanes, F., Agustina, A. N., Lestari, A. A., & Sayuti, I. (2023). PROGRAM KAMPUS MENGAJAR BIMBINGAN INTENSIF, 7(5), 5–8.

Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341

Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540-545.

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.

Nasution fauzia, anggriani yulia L, P. K. (2022). pengertian pendidikan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Edukasi Nonformal, 2(8.5.2017), 1–7. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Panjaitan, N. A. S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal on Education, 5(2), 3788–3795. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1061

Pemu, N., & Layn, M. R. (2024). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN MELALUI GAYA KOGNITIF SISWA. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 90–100. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.3373

Rusani, I., Supriadi, Hidayani, & Anwar, Z. (2021). Analisis berpikir kritis matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya. Jurnal Koulutus, 4(September 2021), 164–181.

Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872

Setyowati, L. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Implementasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, 0812, 9–18. Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/573

Sulastri, N. K. (2021). Efektivitas Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.648

Sundari, S., Rusani, I., Musa'ad, F., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ENTERPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1174-1188.

Trisnawati, N. F. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.

Trisnawati, N. F., Sundari, S., & Musa'ad, F. (2024). Development of Digital Interactive Modules Based on Al Islam and Muhammadiyah in Basic Mathematics Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 1067-1082.

Una, L. M. W., Yuliana Beku, V., & Noge, M. D. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Bilingual Siswa Kelas IV di SDI Rutosoro. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(2), 917–936. https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i2.129

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Hidayani, Said, E., Rahayu, E., Awairaro, M., & Djoroho, T. (2025). PENGARUH PENGAJARAN BILINGUAL DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 24 KOTA SORONG . KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 3(1), 58–67. https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4099