Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Matematika: Wawasan dari Tinjauan Literatur Sistematik
Kata Kunci:
teknologi, matematika, tinjauan literatur, bibliometrik, VOSviewerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian pustaka secara sistematik untuk mengungkap tren riset yang berkaitan dengan Technology dan Mathematics. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prefered Reporting Items for Systematic Reviews dengan menggunakan 3,812 artikel ilmiah dari database dimensions. Review artikel menggunakan aplikasi VOSviewer. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tren utama dalam tema “Technology” dan “Mathematics” selama lima tahun terakhir berfokus pada pengembangan dan integritasi teknologi dalam konteks pembelajaran matematika, selain itu isu dan tema penelitian yang dominan dalam kajian ini adalah pengembangan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan memanfaatkan teknology, dan tema penelitian yang relevan saat ini untuk diteliti dalam kaitannya dengan tema “Technology” dan “Mathematics” adalah integrasi teknologi dalam pendidikan matematika tidak hanya mengubah cara kita mengajar dan belajar, tetapi juga bagaimana kurikulum dirancang, bagaimana guru dilatih, dan bagaimana penelitian dalam pendidikan didekati, semua dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, inklusif, dan menarik. Hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan roadmap penelitian tentang “Technology” dan “Mathematics”. Keterbatasan penelitian ini adalah artikel yang diguankan adalah database dimensions sehingga lingkup data artikel yang digunakan terbatas. Penelitian berikutnya direkomendasikan untuk menggunakan artikel pada database selain dimensions seperti Directory of Open Access Journal (DOAJ), Scopus, dan Google Scholar.
Referensi
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Budiarti, M. I. E., Faozun, I., & Yulianingsih, L. (2021). Pengembangan e-modul berbasis technological, pedagogical, and content knowlodge (tpack). Jurnal Patria Bahari, 1(2), 53-57.
Burdam, G. I., Arsyad, R. B., Rumauw, H. R., & Trisnawati, N. F. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Masa Pandemic. LIMIT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2942
Chauhan, R., Murray, I., & Koul, R. (2019). Audio Rendering of Mathematical Expressions for Blind Students: A comparative study between MathML and Latex. TALE 2019 - 2019 IEEE International Conference on Engineering, Technology and Education. https://doi.org/10.1109/TALE48000.2019.9225961
Cholily, Y. M., Hasanah, S. N., Effendi, M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa DAlam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGF). Jurnal AKSIOMA, 10(3), 1736-1744.
Dahlan, J. A. (2021). Technological , Pedagogical and Content Knowledge untuk Guru Matematika di Era Digital : Literature Review. 12(1), 84–93.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(02), 48–60. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6
Fathurrahman, M., Arsyad, R. B., Setyo, A. A., Kahar, M. S., Anwar, Z., Mulyono, M., ... & Mursalin, M. (2019, September). Profile of Moodle Based Evaluation Media on Mathematics Learning at SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. In Proceedings of the 1st Workshop on Multidisciplinary and Its Applications Part 1, WMA-01 2018, 19-20 January 2018, Aceh, Indonesia.
Fathurrahman, M., Husain, A. K., Tahang, H., & Ba'diah, A. S. (2023). Pembelajaran Daring Selama Covid-19: Evaluasi Pengalaman dan Tantangan Siswa: Online Learning During Covid-19: Evaluation Of Student Experiences and Challenges. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 11-21.
Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-modul Matematika untuk Siswa SD (The Development of E-Modul Mathematics For Primary Students). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–12.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Higgins, K., Huscroft-D’Angelo, J., & Crawford, L. (2019). Effects of Technology in Mathematics on Achievement, Motivation, and Attitude: A Meta-Analysis. Journal of Educational Computing Research, 57(2), 283–319. https://doi.org/10.1177/0735633117748416
Layn, M. R., Setyo, A. A., & Musaad, F. (2022). Analisis Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Matematika secara Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 215-222.
Leny Dhianti. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10
Mahendra, F. E., Supriadi, S., Rusani, I., Anwar, Z., Hidayani, H., & Trisnawati, N. F. (2023). Adaptasi Teknologi dan Proses Administrasi di SD Willibrodus pada Program Kampus Mengajar. Dedikasi Sains dan Teknologi (DST), 3(1), 84-88.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. 6–11. https://books.google.co.id/books?id=jHGNDwAAQBAJ&pg=PA3&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Mahendra, F. E., & Selayar, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF EDUSTORE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO INCREASE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 63–70. Retrieved from https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3073
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94–103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., Naila, I., & Muhammadiyah, U. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya, 12(1), 33–43.
Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1222.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914
Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Geometri Analitik Memanfaatkan Bahan Ajar Digital Multimodal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98-105.
Setyo, A. A., Pomalato, S. W., Hulukati, E. P., Machmud, T., & Djafri, N. (2023). Effectiveness of TPACK-Based Multimodal Digital Teaching Materials for Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Information and Education Technology, 13(10), 1604-1608.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10. https://osf.io/preprints/
Swara, G. Y., Ambiyar, A., Fadhilah, F., & Syahril, S. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 105–117. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.35028
Trisnawati, N. F., & Warfandu, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 347-355.
Zaini, H., Darmawan, D., & Hernawan, H. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Logika Matematika. Teknologi Pembelajaran, 4(1), 816–825. https://doi.org/10.31980/tp.v4i1.467.g431