ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR SEGI EMPAT DAN SEGITIGA

ANALYSIS OF STUDENTS' ERRORS IN SOLVING FLATER TRIANGLE AND TRIANGLE SHAPE QUESTIONS

Penulis

  • Kristoforus Nuga SMP Negeri 1 Mugim
  • Marlinda Indah Eka Budiarti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Syahrul Kahar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Surya Putra Raharja Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yenni Sauli Universitas Muhammadiyah Sorong

Kata Kunci:

Analisis Kesalahan, Bangun Datar, Segi Empat;, Segi Tiga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII K SMP Negeri 9 Kota Sorong yang berjumlah 15 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes kepribadian, soal tes, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis data mengunakan deskriptif kualitatif atau pemaparan. Berdasarkan hasi penelitian  tes kepribadian memperoleh hasil yaitu 4 siswa Melankolis, 3 siswa Singuinis, 4 siswa Plegmatis, dan 4 siswa Koleris. Dari hasil itu 4 siswa Melankolis di jadikan sebagai subjek penelitian. Kesalahan-kesalahan yang di lakukan siswa melankolis dengan analisis penelitian kualitatif berdasarkan prosedur Newman dalam penelitian ini adalah kesalahan kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (Transformation Error), kesalahan ketrampilan proses (process skil error), kesalahan penulisan jawaban akhir (enconding error). Faktor-faktor yang menyebabkan siswa tipe kepribadian melankolis melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bagun datar segi empat dan segitiga adalah tergesa-gesa dalam menjawab soal, lupa, dan lingkungan kelas yang kurang kondusif.

Referensi

Agam, R., Layn, M. R., Hidayani, & Rusnia, W. O. (2013). PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Amalia, S. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 8 (1), 17-30.

Anggo, M. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika , 4 (2), 43-56.

Damayanti, H., Purwanti, & Lestari, S. (2017). analisis penyesuaian diri ditinjau dari kepribadian peserta didik kelas x SMAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan , 6 (11), 1-13.

Jha, S. (2012). Mathematics Performance Of Primary School Students in Assam (India): An Analisys Using Newman. International Jurnal of Computer , 2 (1), 17-21.

Kamalia, I., Sugiarti, T., Trapsilasiwi, D., Susanto, S., & Hobri, H. (2018). Analisis Level Berpikir Siswa Berdasarkan berdasarkan Taksonomi SOLO dalam menyelesaiakan soal cerita SPLDV di Tinjau Dari Tipe Kepribadian Florence Littauer , 9 (2), 172.

Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis. Jurnal PARADIKMA , 8 (2), 37-51.

Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika , 3 (2), 95-102.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Himpunan ditinjau dari Gaya Kognitif. JPPM ( Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika , 10 (1), 24-29.

Mulyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman`s Error Analisis ( NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spesial. Elektornik Pembelajaran Matematika , 374.

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Reniwurwarin, H., Kahar, M. S., Rusani, I., & Riski, W. O. (2023). ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 22–28.

Sari, L., Ferdiani, R., & Yuwono, T. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains , 1 (3), 1-8.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 1 (2), 41-45.

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6126

Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250–260. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1773

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Nuga, K., Budiarti, M. I. E., Kahar, M. S., Raharja, S. P., & Sauli, Y. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR SEGI EMPAT DAN SEGITIGA: ANALYSIS OF STUDENTS’ ERRORS IN SOLVING FLATER TRIANGLE AND TRIANGLE SHAPE QUESTIONS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 11–22. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3071