IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT
IDENTIFICATION OF STUDENT ERRORS IN SOLVING QUADRATIC EQUATION AND SQUARE FUNCTION QUESTIONS
Kata Kunci:
analisis kesalahan, pemecahan masalah, pembelajaran matematikaAbstrak
Dalam pendidikan matematika merupakan salah satu pelajaran yang selalu menyulitkan siswa. Para siswa mendapati berbagai macam kesulitan dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesahalan siswa dalam penyelesaian soal Fungsi kuadrat dan persamaan kuadrat di SMA Negeri 1 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara. Subjek penelitian ini 31 siswa kelas XI. Letak kesalahan dalam penelitian ini adalah 1. Kesalahan memahami soal; 2. Kesalahan tidak melanjutkan proses; 3 kesalahan tidak menyelesaikan soal; 4. Kesalahan tidak menjawab soal. Berdasalkan Hasil penelitian diperoleh kesalahan dalam memahami soal sebanyak 70%. Kemudian kesalahan tidak menyelesaikan soal sebanyak 66%, serta kesalahan tidak melanjutkan proses 46% dan kesalahan yang dialami siswa paling sedikit adalah kesalahan tidak menjawab soal sebanyak 38%. Kurangnya pemahamann konsep dalam pelajaran matematika membuat siswa kerap sering lupa dan tidak mengetahui cara menyelesaikan soal matematika. Guru sebagai fasilisator dapat memberikan pelajaran yang menekankan kepada penguasaan konsep.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1).
Arnidha, Y. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam penyelesaian bangun datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53-61.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.
Kahar, M. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir matematis siswa SMA kota Sorong terhadap butir soal dengan graded response model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11-18.
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.
Komalasari, L. I. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat. Histogram: jurnal pendidikan Matematika, 4(1), 139-50.
Marfu’ah, I., & Julaeha, S. (2021, July). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).
Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi bilangan pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121-132.
Mutmainah, M., Berahman, B., & Haeruddin, H. (2022, July). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 2, pp. 52-58).
Perwira, W., & Utami, R. D. (2017). Studi Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Upaya Menanganinya pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahayu, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesebangunan. JURNAL e-DuMath, 2(1).
Silalahi, S., Arsyad, R. B., Hidayani, H., Kahar, M. S., & Fathurrahman, M. (2022). Analisis Kesulitan Sisa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 371-379.
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64-68.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.
Sura, G. L., Tahmir, S., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 73-81.
Syafmen, W. (2015). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di SMA (studi kasus SMA N. 11 Kota Jambi). Kreatif, 17(3).
Utami, D. R., Nusantara, T., & Qohar, A. (2021). Analisis kesulitan siswa pada aspek kognitif dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan kesalahan newman. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1853-1860.
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh pendekatan open ended dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523-533.
Zubaidah, S. (2020, November). Self Regulated Learning: Pembelajaran dan Tantangan pada Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 1-19).