Tinjauan Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Distrik Saoka Kelurahan Maladum Mes Sorong Barat

Authors

  • Reza Iriansyah Tindige Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mierta Dwangga Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v2i01.2214

Keywords:

Pengujian, Kualitas Air, Metode Storet, Saoka

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang mempunyai fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya serta sebagai modal dasar dalam pembangunan. Di distrik Saoka kelurahan Maladum mes terdapat beberapa sumber mata air, Masyarakat di distrik Saoka kelurahan Maladum mes  memakai mata air tersebut untuk kehidupan sehari-hari, seperti makan, minum, mandi dan kegiatan yang bersangkutan dengan air lainnya Namun sampai saat ini belum ada pengujian terhadap kualitas pada daerah tersebut. penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kualitas air dan untuk mengetahui sistim pengolahan air yang efektif. Dalam pengujian ini menggunakan metode storet berdasarkan peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomer 32 tahun 2017.Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode storet hasil yang didapat adalah nol (0) hasil ini masuk dalam kelas A kategori baik sekali.Dari lima parameter yang diuji menujukan hasil bahwa mata air pada distrik Saoka kelurahan Maladum mes sorong barat masih memenuhi standar baku mutu yang digunakan penulis. Maka dapat di simpulkan air pada daerah tersebut bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari guna menunjang sarana dan prasarana daerah tersebut. namun perlu di lakukan penelitian lanjutan degan standar baku mutu air minum dan parameter yang lebih lengkap lagi terhadap daerah tersebut.

References

Chitra, H. (2017). Penentuan Status Pencemaran Kualitas Air Dengan Metode Storet Dan Indeks Pencemaran (Studi Kasus: Sungai Indragiri Ruas Kuantan Tengah). Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Islam Kuantan Singingi.

Db, M. H. (2019). Analisis Kualitas Air pada Jalur Distribusi Air Bersih di Gedung Baru Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor . Tugas Akhir, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Hadi, W. (2011). Kualitas Air Telaga Palang Paning Sebagai Bahan Baku Air Minum Di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat. Tugas Akhir, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Listin, L. (2020). Kualitas Air Tanah Untuk Kebutuhan Air Bersih Di Kelurahan Bulurokeng Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Tugas Akhir, Universitas Negeri Makassar.

Mansur, Sukri Ashar. (2017). Penilaian Kualitas Air Berdasarkan Metode Storet dan Water Quality Index di Instalasi Pengolahan Air Molintogupo dan Tanggilingo. Tugas Akhir, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.

Muhamad, F. (2019). Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Pura Taman Desa Sanggalangit Sebagai Sumber Air Minum Berbasis Metode Storet. TUGAS AKHIR, Prodi Pendidikan Geografi, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia.

Putra, A. Y. (2019). Kajian Kualitas Air Tanah Ditinjau Dari Parameter Ph, Nilai Cod Dan Bod Pada Desa Teluk Nilap Kecamatan Kubu Babussalam Rokan Hilir Provinsi Riau . Tugas Akhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau.

Ranty, C. (2019). Analisis Kualitas Air dan Status Mutu Serta Beban Pencemaran Sungai Mahap di Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Tanjungpura.

Ria, F. (2019). Analisis Mutu Air Akibat Aktivitas Penambang Pasir Dengan Metode Storet Di Sungai Sp Padang Oki. Tugas Akhir, Program Studi Perairan Universitas Sriwijaya.

Susanti, Y. M. (2019). Analisis Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Desa Tolnaku Kecamatan Fatule’U Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur . Tugas Akhir, Prodi Biologi FST Undana Kupang.

Zahara, R. (2018). Analisa Kualitas Sumber Air Tanah Asrama Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh Ditinjau Dari Parameter Kimia. Tugas Akhir, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Reza Iriansyah Tindige, & Mierta Dwangga. (2023). Tinjauan Kualitas Air Pada Sumber Mata Air Di Distrik Saoka Kelurahan Maladum Mes Sorong Barat. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 2(1), 013–020. https://doi.org/10.33506/jimats.v2i01.2214