CLUSTERING PENILAIAN KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN K-MEANS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG
DOI:
https://doi.org/10.33506/jiki.v1i02.2754Kata Kunci:
Clustering, Agile, Kinerja Dosen, Data miningAbstrak
Program studi teknik informatika pada fakultas teknik unamin memiliki dosen-dosen yang sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengajar dikampus dengan kualitas dan karakter yang berbeda-beda. Pengklasteran dosen digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap bahan yang diajarkan selama proses perkuliahan berlangsung, hal ini dapat membantu dalam penilaian kinerja dosen yang berada di unamin khususnya fakultas teknik. Sistem pengklasteran dosen ini menggunakan metode k-means karena metode k-means merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha mempartisi objek yang ada ke dalam satu atau lebih cluster objek berdasarkan karakterisitikny, sehingga objek yang mempunyai karakteristik yang sama dikelompokkan dalam satu cluster yang sama dan objek yang mempunyai karakteristik yang berbeda dikelompok ke dalam cluster yang lain. Karakteristik yang digunakan dalam penilaian ini adalah puas, sangat puas, cukup, kurang, dan sangat kurang. Model pengolahan data mining dalam penelitian in adalah Knowledge Discovery in Database (KDD), model pengembangan sistem menggunakan agile SDLC (Software Development Life Cycle).

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Musdalipah, Rendra Soekarta, Irman Amri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.