Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Website

Authors

  • Romdhana Dwi Fitriyani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rendra Soekarta Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Yusuf Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fitriyani Tella Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jiki.v1i02.2371

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, , Multifactor Evaluation Process (MFEP), PIP

Abstract

Program Indonesia Pintar ialah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin. Kategori pertama yang berhak mendapat beasiswa ini ialah peserta didik yang berasal dari keluarga yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan kategori kedua ialah masyarakat miskin atau rentan miskin yang tidak tercatat dalam DTKS yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan setempat atau pemangku kepentingan atau lembaga lainnya dan ditetapkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan [1].

SMA Negeri 1 Kota Sorong masih melakukan penentuan calon rekomendasi penerima beasiswa PIP dengan cara manual, yang mana seleksi dilakukan secara subjektif dengan memeriksa berkas kelengkapan secara satu per satu sehingga cara tersebut dianggap kurang efektif dan tidak tepat target karena dapat mengakibatkan kinerja yang lambat serta dapat terjadi kesalahpahaman antara pihak sekolah dan wali murid maka dari itulah, diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu proses penentuan calon rekomendasi penerima beasiswa PIP.

Sistem Pendukung Keputusan dibangun menggunakan metode pengembangan software Extreme Programming dan menerapkan Multifactor Evaluation Process sebagai algoritma pengambil keputusan. Kriteria penilaian yang digunakan yaitu Kepemilikan SKTM, Status Peserta Didik, Sumber Biaya Peserta Didik, Jumlah Penghasilan dan Jumlah Saudara Kandung. Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan MFEP berbasis website dan dari data 24 siswa yang dijadikan sebagai kasus uji terdapat 6 siswa yang dinyatakan layak untuk menjadi siswa rekomendasi penerima PIP yang akan diajukan oleh sekolah kepada Puslapdik Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Dwi Fitriyani, R., Rendra Soekarta, Muhammad Yusuf, & Fitriyani Tella. (2023). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Calon Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Website. Framework : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(02), 1–10. https://doi.org/10.33506/jiki.v1i02.2371

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>