Clustering Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan K-Means Di Universitas Muhammadiyah Sorong

Authors

  • Musdalipah . UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG
  • Rendra Soekarta Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irman Amri Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jiki.v1i02.2754

Keywords:

Clustering, Agile, Kinerja Dosen, Data mining

Abstract

Program studi teknik informatika pada fakultas teknik unamin memiliki dosen-dosen yang sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengajar dikampus dengan kualitas dan karakter yang berbeda-beda. Pengklasteran dosen digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap bahan yang diajarkan selama proses perkuliahan berlangsung, hal ini dapat membantu dalam penilaian kinerja dosen yang berada di unamin khususnya fakultas teknik. Sistem pengklasteran dosen ini menggunakan metode k-means karena metode k-means merupakan salah satu metode cluster analysis non hirarki yang berusaha mempartisi objek yang ada ke dalam satu atau lebih cluster objek berdasarkan karakterisitikny, sehingga objek yang mempunyai karakteristik yang sama dikelompokkan dalam satu cluster yang sama dan objek yang mempunyai karakteristik yang berbeda dikelompok ke dalam cluster yang lain. Karakteristik yang digunakan dalam penilaian ini adalah puas, sangat puas, cukup, kurang, dan sangat kurang. Model pengolahan data mining dalam penelitian in adalah Knowledge Discovery in Database (KDD), model pengembangan sistem menggunakan agile SDLC (Software Development Life Cycle).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

., M., Rendra Soekarta, & Irman Amri. (2023). Clustering Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan K-Means Di Universitas Muhammadiyah Sorong. Framework : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(02), 165–145. https://doi.org/10.33506/jiki.v1i02.2754

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>