Peran Orang Tua Dalam Sosialisasi Nilai – Nilai Keagamaan Terhadap Anak Di Kampung Fafanlap Distrik Misool Selatan Kabupaten Raja Ampat
Keywords:
Peran Orang Tua, Sosialisasi, KeagamaanAbstract
Tujuan Penelitian adalah : 1) Untuk Mengetahui peran orng tua dalam mengsosialisasikan nilai-nilai keagamaan terhadap anak di kampung Fanfanlap distrik Misool selatan kabupaten Raja Ampat. 2) Untuk Mengetahui faktor – faktor yang menghambat peran orang tua dalam sosialisasi nilai-nilai keagamaan terhadap anak di kampung Fanfanlap distrik Misool selatan kabupaten Raja Ampat.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penggunaan metode kualitatif ini di maksudkan untuk memperoleh gambaran mendalam tentang terjadinya proses perceraian di kota Sorong. Pupolasi disini adalah masyarakat kampung Fanfanlap distrik Misool Selatan Kabupaten Raja Ampat. sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari: 1) Kepala Distrik Misool. 2) Tokoh Masayarakat Kampungn Fanafanlap. 3) Tokoh Agama kampung Fanfanlap. 4) Orang Tua Sekitar Empat orang. 5) Beberapa remaja yang ada di kampung Fanfanlap. Teknik pengumpulan data adalah Dokumentasi, Observasi, Interview atau wawancara. Proses analisis data akan dilakukan dengan cara menjalin keterkaitan antara data dan hasil pengamatan di lapangan agar peneliti bisa mendalami isi analisis (content analysis) dan dilakukan secara objektif, sistematis, dan generalisasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi terhadap beberapa keluarga peneliti menemukan fakta bahwa mereka yaitu para orang tua tidak bisa selalu mendampingi atau memberikan pengawasan penuh pada anak-anaknya karena harus bekerja dari pagi hari sampai sore hari. Biasanya orang tua memberikan pendidikan nilai-agama ketika orang tua selesai bekerja atau saat berkumpul dengan keluargaReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta. Jakarta
Barnadib, Sutari Imam. 1987. Pembinaan Remaja. Bulan Bintang. Jakarta
Behesyti, Muhammad Husaini. 2003. Mencari Hakikat Agama. PT Mizan Pustaka. Bandung
Budihajo. 2007. Konflik Antar Umat Agama Samawi dan Solusinya-Perbandingan Agama. Nuansa Aksara Yogyakarta. :Yogyakarta
Chabib, Toha. 1996. Pembina Rumah Tangga Bahagia. Yamunu, Jakarta
Daroeso, Bambang. 1986. Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Daradjat, Zakiyah. 1979. Kesehatan Mental. Gunung Agung. Jakarta
Daroeso, Bambang. 1986. Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Aneka Ilmu. Semarang Departemen Agama RI. 1992. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Tanjung Mas Inti. Semarang:
Faisal, Sanapiah. 2007. Format-format Penelitian Sosial, Jakarta: PT Raja Grafindo persaja
Khairuddin. 1992. Pembangunan Masyarakat, Liberty. Yogyakarta.
Khairuddin. 2002. Sosiologi Keluarga. Liberty. Yogyakarta
Majid, A, Andayani, D., 2004, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung
Purwanto, N., 2006, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT. Rajagrifindor Persada
Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi
Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya, Jakarta: Kencana.
Syafaat, A‟at dkk. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Uhbiyati, Nur. 2009. Long Life Education: Pendidikan Anak Sejak Dalam Kandungan Sampai Lansia. Semarang: Walisongo Press.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yasin, A Fatah. 2008. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang press. Zainuddin. 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari AL Ghazali. Jakarta: Bina Askara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.