Sistem Informasi Analisa Kuesioner Penggunaan Layanan Internet Menggunakan Metode Important Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI)

Authors

  • Hendri Purnomo Universitas Islam Al-Azhar
  • I Gede Pasek Suta W Universitas Islam Al-Azhar, Mataram
  • I B K Widiartha Universitas Islam Al-Azhar, Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v9i1.2983

Keywords:

Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, Kuesioner

Abstract

Universitas memberikan fasilitas internet gratis menggunakan jaringan nirkabel (wifi). Namun dalam pelaksanaannya terkadang jaringan ini mengalami gangguan-gangguan yang dapat menurunkan kualitas layanan yang diberikan. Untuk menjamin kualitas layanan, pihak universitas memberikan kuesioner secara online kepada mahasiswa yang menggunakan layanan tersebut. Metode yang digunakan untuk menganalisa hasil pengisian  kuesioner tersebut adalah dengan menggunakan metode Important Performance Analisys (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisa menggunakan metode IPA tersebut adalah pada periode Mei terdapat lima atribut kualitas layanan yang berada pada kuadran I dan periode Agustus 2014 terdapat tiga atribut yang berada pada kuadran I, yang dimana kuadran tersebut termasuk prioritas utama peningkatan layanan. Sedangkan untuk metode CSI didapatkan indeks tingkat kepuasan sebesar 0.552 pada periode Mei dan 0.568 pada periode Agustus 2014, nilai tersebut berada pada interval 0.51 – 0.65 yang berarti bahwa mahasiswa cukup puas atas layanan yang diberikan.

References

S. Wilis, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Sisfo Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode E-Servqual (Electronik-Service Quality),” Repository: Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.

K. Kristianto, K. Kusnadi, And M. Asfi, “Rancang Bangun Sistem Analisis Kepuasan Alumni Menggunakan Metode Csi Dan Matrix Ipa,” Sistemasi, Vol. 9, No. 3, 2020, Doi: 10.32520/Stmsi.V9i3.928.

D. Lestari, I. Ilhamsyah, And I. Rusi, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Libqual, Webqual 4.0, Dan Importance Performance Analysis (Ipa),” Coding: Jurnal Komputer Dan Aplikasi, Vol. 10, No. 01, 2022.

K. E. Saputro, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Dengan Metode Webqual 4.0, Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Terpadu,” Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), Vol. 9, No. 3, 2022, Doi: 10.35957/Jatisi.V9i3.2355.

Firmansyah, H.P, Yusuf “Analisis Simulasi Mitigasi Ancaman Arp Dan Round Trip Time Pada Lalu Lintas Dhcp Vtp,” Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, Vol. 19, No. 1, Pp. 137–144, Feb. 2023.

H. Santoso And W. Widodo, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis,” Petir, Vol. 15, No. 2, 2022, Doi: 10.33322/Petir.V15i2.1516.

A. Pratama, A. S. Larasati, And A. Wulansari, “Analisis Kualitas Website Sistem Langitan Umaha Dengan Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” Journal Of Information Systems And Informatics, Vol. 3, No. 3, 2021, Doi: 10.51519/Journalisi.V3i3.172.

S. Ellyusman, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus Pada Website Portal Akademik Universitas Xyz Bandung),” Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, Vol. 5, No. 1, 2017, Doi: 10.24198/Jkip.V5i1.11908.

E. Nasrudin And A. K. Widagdo, “Determinan Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi Dan Pengaruhnya Terhadap Individu Dan Organisasi,” Jurnal Manajemen Perbendaharaan, Vol. 1, No. 1, 2020, Doi: 10.33105/Jmp.V1i1.351.

T. Lestariningsih, B. Artono, And Y. Afandi, “Evaluasi Implementasi E-Learning Dengan Metode Hot Fit Model,” Innovation In Research Of Informatics (Innovatics), Vol. 2, No. 1, 2020, Doi: 10.37058/Innovatics.V2i1.1342.

I. G. N. W. Pratama, I. P. O. Atmajaya, And G. N. J. A. Negara, “Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Verifikator Sinta Universitas Dhyana Pura Menggunakan Metode In Dept Interview,” Jutik: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol. 9, No. 1, 2023.

M. Yusuf, N. Hidayatullah, W. Andhyka Kusuma, M. Hasby Achkbar, U. M. Malang, And M. Kontak, “Teknik Representasi Kebutuhan Pengguna Menggunakan Model Iteratif User Persona,” Prosiding Sentra (Seminar Teknologi Dan Rekayasa), Vol. 0, No. 6, 2021.

Firmansyah, A. Fadlil, And R. Umar, “Analisis Keamanan Data Dengan Metode Pertahanan Interaktif Menggunakan Virtual Ridgeback Pada Forensik Jaringan,” Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Vol. 1, No. 2. 2019.

Published

2023-10-31

How to Cite

Purnomo, H., Suta W, I. G. P., & Widiartha, I. B. K. (2023). Sistem Informasi Analisa Kuesioner Penggunaan Layanan Internet Menggunakan Metode Important Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI). Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 50–60. https://doi.org/10.33506/insect.v9i1.2983