Pola Pendidikan Mental Pada Santri Madrasah Tsanawiah MTS Emeyodere Kota Sorong (Study Pada MTs Emeyodere Kota Sorong Kelurahan Klasambi)

Authors

  • Rusni Hulihulis Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ali Universitas Muhamamadiyah Sorong
  • Nur Hidaya Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pendidikan Pesantren, Kepribadian Santri

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan santri berdasarkan Realita di Pondok Pesantren Emeyodere. Dengan metode penelitian yang digunakan bersifat diskriftif kualitatif dimana memandang peran guru dalam membina para santri, sehingga membentuk sistem pembelajaran antara di pesantren dengan disekolah umum menjadi sangat berbeda. Ada dua metode pendidikan yang diterapkan dalam membina mental santri dengan menerapkan metode pembelajaran secara langsung (formal) memalui pembinaan ilmu pengetahuan sosial dan metode pembinaan tidak langsung (non-formal) dengan membina spiritual santri ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan yang diterapkan pada santri di Madrasa Tsanawiah MTs Emeyodere menimbukan hal yang positif baik dari santri sendiri maupun masyarakat sebagaimana para santri ketika berada di masyarakat.

References

Abraham Maslow. ,2012, Teori Hierarki Motivasi. Jakarta: Hasibuan

Arikunto, Suharsini, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, PT. Rineka Cipta: Jakarta

Haryati, Tri., Rustiyarso, dan Amrazi Zakso. 2013. Sikap dan Perilaku Siswa Berbasis Pondok Pesantren Sekolah Menengah Atas Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura. Hal. 3-10.

Heri Jauhari. 2010. Panduan Penulisan Sikripsi Teori dan Aplikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nisrima, Siti., Muhammad Yunus, dan Erna Hayati. 2016. Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. Vol. 1, No. 1. Hal. 198-199.

Wekke, Ismail Suardi., Siddin, dan Ibrahim Kasop. 2017. Pesantren, Madrasah, Sekolah, dan Panti Asuhan: Potret Lembaga Pendidikan Islam Minoritas Muslim. Dalam Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdidâ€. Vol. 6, No. 1. Hal. 139.

Yusuf LN, Syansu. & Nurisnah, Juntika. 2007. Teori Kepribadian. Bandung. Rosda

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Hulihulis, R., Ali, M., & Hidaya, N. (2022). Pola Pendidikan Mental Pada Santri Madrasah Tsanawiah MTS Emeyodere Kota Sorong (Study Pada MTs Emeyodere Kota Sorong Kelurahan Klasambi). Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 8(1), 31–40. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/1714