Pola Pendidikan Mental Pada Santri Madrasah Tsanawiah MTS Emeyodere Kota Sorong (Study Pada MTs Emeyodere Kota Sorong Kelurahan Klasambi)
Keywords:
Pendidikan Pesantren, Kepribadian SantriAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan santri berdasarkan Realita di Pondok Pesantren Emeyodere. Dengan metode penelitian yang digunakan bersifat diskriftif kualitatif dimana memandang peran guru dalam membina para santri, sehingga membentuk sistem pembelajaran antara di pesantren dengan disekolah umum menjadi sangat berbeda. Ada dua metode pendidikan yang diterapkan dalam membina mental santri dengan menerapkan metode pembelajaran secara langsung (formal) memalui pembinaan ilmu pengetahuan sosial dan metode pembinaan tidak langsung (non-formal) dengan membina spiritual santri ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan yang diterapkan pada santri di Madrasa Tsanawiah MTs Emeyodere menimbukan hal yang positif baik dari santri sendiri maupun masyarakat sebagaimana para santri ketika berada di masyarakat.References
Abraham Maslow. ,2012, Teori Hierarki Motivasi. Jakarta: Hasibuan
Arikunto, Suharsini, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, PT. Rineka Cipta: Jakarta
Haryati, Tri., Rustiyarso, dan Amrazi Zakso. 2013. Sikap dan Perilaku Siswa Berbasis Pondok Pesantren Sekolah Menengah Atas Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura. Hal. 3-10.
Heri Jauhari. 2010. Panduan Penulisan Sikripsi Teori dan Aplikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nisrima, Siti., Muhammad Yunus, dan Erna Hayati. 2016. Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. Vol. 1, No. 1. Hal. 198-199.
Wekke, Ismail Suardi., Siddin, dan Ibrahim Kasop. 2017. Pesantren, Madrasah, Sekolah, dan Panti Asuhan: Potret Lembaga Pendidikan Islam Minoritas Muslim. Dalam Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdidâ€. Vol. 6, No. 1. Hal. 139.
Yusuf LN, Syansu. & Nurisnah, Juntika. 2007. Teori Kepribadian. Bandung. Rosda
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).