Pemanfaatan Google Drive untuk Penyimpanan Data Penjualan Usaha Ibu - Ibu Kampung Makassar

Authors

  • Mohammad Arief Nur Wahyudien Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aprisa Rian Histiarini
  • Mirga Maulana Rachmadhani
  • Siti Nur Kayatun
  • Mardhiah Ghani
  • Muhammad Fathurrahman

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i1.2149

Abstract

Google drive adalah sebuah layanan penyimpanan yang disediakan oleh Google untuk menyimpan data pengguna yang telah menggunakan akun Google Pengguna sendiri dapat menyimpan data berupa foto, video, dan dokumen. Dengan adanya google drive ini dapat membantu khusunya bagi UKM ibu – ibu Kampung Makassar dalam menjaga dan merawat data penjualan agar tidak rusak dan hilang. Penyimpanan di google drive juga sangat efisien karena dapat di bawa ke mana saja dan kapan saja hanya membutuhkan jaringan internet dan dapat membukanya dari Hp , Leptop dan Komputer. 

References

Andaru A. 2018. Pengertian Data Base Secara Umum. Fakultas Komputer Section Class Content. 25 Desember 2018.

Arifin, R. D. 2022. Pengertian Google Drive beserta Fungsi, Fitur, dan Cara Menggunakan. (https://dianisa.com/pengertian-google-drive/ )

Febriani, O. M., & Ambarwati, L. (2015). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Penjualan Ukm Kelanting Khas Telo Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Teknologi Informasi dan Bisnis Pengabdian Masyarakat Darmajaya, 1(1), 77-95.

Ikhsan, A. N., Alifian, R. S., & Astri, D. N. 2022. Pelatihan Penggunaan Google Drive Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Di Desa Karangnagka. Jurnal SELAPARANG. 6(3).

Olva M., Permatasari R. D., Sanusi., dkk. 2021. Pemanfaatan Dasbor Pada Pemantauan Data Transaksi Penjualan. Journal of Enggineering, Technology & Applied Science. 3(1),1-15.

Permadi, J., Utomo H. S., & Sholeha, E. W. 2021. Pelatihan Penggunaan Google Drive Sebagai Media Manajemen Arsip Bagi Perangkat Desa Di Desa Panggung Kecamatan Pelaihari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG. 6(1).

Trilaksono, A. Rio. 2018. Efektivitas Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Digital Teknologi Informasi. 1(2).

Z. Amsyah. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)