Analisis Kualitas Produk Staple Fiber Reguler Dengan Metode Six Sigma

Authors

  • Shandy Dwiguna Sekolah Tinggi Tekonologi Wastukancana Purwakarta
  • Akhsani Nur Amalia Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta

Keywords:

DMAIC, FMEA, Kualitas Produk, Six Sigma

Abstract

PT. Asia Pacific Fibers adalah salah satu perusahaan penghasil poliester ternama di Indonesia, perusahaan ini sedang mengalami suatu masalah dalam pengendalian kualitas produksi staple fiber reguler yang menyebabkan biaya jual produk menjadi rendah. Sehingga tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara mengendalikan produk yang efektif dan efisien sehingga tidak terjadinya produk off grade kembali. Dalam penelitian ini melakukan pengamatan secara langsung dengan melakukan wawancara, dan pengambilan dokumentasi kepada pihak perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Six Sigma dengan konsep DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control). Tahap define akan dilakukan identifikasi masalah dalam proses yang sedang berlangsung. Pada tahap measure dilakukan sebuah pengukuran kinerja dari proses produksi. Tahap analyze dilakukan penentuan pada kriteria, kemudian mengidentifikasi penyebab produk tersebut off grade, tahap improve ini dilakukan penentuan tindakan perbaikan. dan tahap control dilakukan validasi dengan menanyakan secara langsung kepada pihak perusahaan. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai level sigma yang dihasilkan perusahaan pada bulan Mei 2022 hingga April 2023 yaitu memilki nilai rata-rata sebesar 4,1811. Berdasarkan hasil FMEA diketahui kriteria Fused Fiber diakibatkan dari faktor mesin crimper bermasalah memiliki nilai RPN tertinggi sebesar 168, untuk kriteria Denier Tenacity Elongation diakibatkan dari faktor mesin press roll bermasalah memiliki nilai RPN sebesar 224, dan untuk kriteria Overlength diakibatkan dari faktor penarikan roll tidak sesuai memiliki nilai RPN sebesar 256.

References

Ariani, D. W. (2020). Manajemen Kualitas (Edisi 2). Universitas Terbuka.

Bernik, M., & Noviyanti, R. D. (2019). Penerapan Metode Six Sigma Dalam Upaya Pengendalian Kualitas Produk Pada Industri Kayu Olahan. Journal ISEI Bussiness and Management Review, Vol. 3(No. 2), Hal 67-63.

Caesaron, D., & Tandianto. (2021). Penerapan Metode Six Sigma Dengan Pendekatan DMAIC Pada Proses Handling Painted Body BMW X3 (Studi Kasus: PT. Tjahja Sakti Motor). Jurnal PASTI, Vol. 9(No. 3), Hal 248-256.

Fithri, P., & Chairunnisa. (2019). Six Sigma Sebagai Alat Pengendalian Mutu Pada Hasil Produksi Mentah PT. Unitex, Tbk. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, Vol. 14(No. 1), Hal 43-52.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Pertama). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Soemohadiwidjojo, A. T. (2017). Six Sigma: Metode Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Statistik (Edisi 1). Raih Asa Sukses.

Suseno, & Hermansyah, R. A. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Gula Menggunakan Metode Six Sigma Pada PT. Madu Baru. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, Vol. 2(No. 2), Hal 489-504.

Tannady, H. (2015). Pengendalian Kualitas (Edisi 1). GRAHA ILMU.

Tannady, H., & Chandra, C. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas dan Usulan Perbaikan Pada Proses Edging di PT. Rackindo Setara Perkara Dengan Metode Six Sigma. Journal of Industrial Engineering and Management Systems, Vol. 9(No. 2), Hal 123-139.

Tasman, A., Bahauddin, A., Ahalik, Andrarani, & Sri, D. (2020). Akuntansi Biaya: Konsep Dasar dan Manajemen (Edisi 1). Mirra Buana Media.

Wahyuni, H. C., & Sulistiyowati, W. (2020). Pengendalian Kualitas Industri Manufaktur dan Jasa (Edisi 1). UMSIDA Press.

Downloads

Published

13-10-2023

How to Cite

Dwiguna, S., & Nur Amalia, A. (2023). Analisis Kualitas Produk Staple Fiber Reguler Dengan Metode Six Sigma . Metode : Jurnal Teknik Industri, 9(2), 110–123. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/metode/article/view/2639