Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Authors

  • St. Mutia Alfiyanti Muhiddin Universitas Negeri Makassar
  • Agussalim Universitas Muslim Maros
  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2488

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, LKPD Berbasis Praktikum, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan LKPD berbasis praktikum pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.B dengan jumlah peserta didik 32 orang. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat dilihat perbandingan perolehan skor pre-test dan post-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkat dari 24,25 pada pretest menjadi 35,03 pada saat posttest. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diajar melalui model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD berbasis praktikum sebesar 0,4 dalam kategori sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas SMP Negeri 1 Galesong Utara setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKPD berbasis praktikum meningkat secara signifikan.

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, LKPD Berbasis Praktikum, Kemampuan Berpikir Kreatif

Downloads

Published

06/07/2023

How to Cite

St. Mutia Alfiyanti Muhiddin, Agussalim, & Arie Arma Arsyad. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik . Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2488

Issue

Section

Articles