INTEGRASI TEKNOLOGI DAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN: ANALISIS TREN DAN INOVASI TERKINI

Penulis

  • Muhammad Fathurrahman
  • Ismail Djakaria Universitas Negeri Gorontalo
  • Regina Amelia Sarira Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.3911

Kata Kunci:

teknologi, kurikulum, tinjauan literatur, bibliometrik, VOSviewer

Abstrak

Studi ini adalah studi bibliometrik yang mengeksplorasi tren dalam publikasi yang menghubungkan "teknologi" dengan "kurikulum" selama lima tahun terakhir, dengan fokus pada cara teknologi diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan. Menggunakan database Dimensions dan alat visualisasi VOSviewer, studi ini berhasil mengidentifikasi empat klaster utama: konsep teoretis, implementasi praktis, inovasi teknologi, dan pendidikan dalam bidang kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan akan kurikulum yang tidak hanya fleksibel dan komprehensif, tetapi juga yang mempersiapkan siswa dengan baik dengan pengetahuan akademis, keterampilan praktis, dan kemampuan teknologi untuk menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan sektor industri untuk menjaga relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja global yang terus berubah, serta memastikan bahwa siswa mendapatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk berhasil.

Referensi

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Afifah, N., Kurniawati, I., & Heriyanto, H. (2022). Penerapan Metode Profile Matching Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Di Pt. Karya Anugrah Teknolo. INTI Nusa Mandiri, 16(2), 71–78. https://doi.org/10.33480/inti.v16i2.2765

Alexandra, J., & Budiyantara, A. (2022). Perancangan Artificial Intelligence Untuk Kurikulum Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Infotech: Journal of Technology Information, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.37365/jti.v8i1.128

Aprillia, E., Nurhayati, C., Putri, A., & Pandiangan, B. (2023). Perubahan kurikulum pada proses pembelajaran. I(4).

Artikel, I., Teknologi, P., & Pembelajaran, M. (2023). 194 | Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. 6(2), 194–202.

Belajar, M. (2022). 1 , 2 1. 17(1), 40–50.

Camelia, F., & Islam, P. A. (2020). ANALISIS LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI. 5(1).

Dwijendra, U., Ganesha, U. P., & Education, J. (2022). Nalisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. 10(3), 694–700.

Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.

Handayani, N. N. L. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Lampuhyang, 14(2), 144-159.

Industri, R. (n.d.). KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI PADA ERA.

Juanda, A., & Sianturi, F. A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Tetap Pada Trinity Teknologi Nusantara Dengan Metode MOORA. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 3(3), 277–282.

Liana, E., Yutanto, H., Sihotang, E. T., & Tianto, R. (2022). Rancang Bangun Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Excel Pada PT Raksaka Teknologi Indonesia. Wahana, 74(2), 208–221. https://doi.org/10.36456/wahana.v74i2.6269

Mikraj, A. L. (2023). Sumber Daya Teknologi Terhadap Pelaksanaan Kurikulum di Era Digital. 4(1), 874–885.

Muhammad Fathurrahman, Husain, A. K., Tahang, H., & Ba’diah, A. S. (2023). PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19: EVALUASI PENGALAMAN DAN TANTANGAN SISWA: ONLINE LEARNING DURING COVID-19: EVALUATION OF STUDENT EXPERIENCES AND CHALLENGES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 11–21. Retrieved from https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2451

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Otto, O. (2021). Kedudukan Alkitab Bagi Kurikulum Di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Orang Dewasa. Jurnal Luxnos, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.47304/jl.v5i1.72

Pendidikan, P. J. (2023). No Title. 18(September), 194–201.

Pradana, R. S. (2021). Pengaruh Akses Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten Tahun 2015-2019. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 5(1), 9–23. https://doi.org/10.37950/jkpd.v5i1.114

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 3613–3625.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. 6(2), 2099–2104.

Ramdhan, T. W. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi dan Kompetensi Peserta Didik). Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 121-136.

Ritonga, M. (2018). POLITIK DAN DINAMIKA KEBIJAKAN PERUBAHAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA HINGGA MASA. 5(2), 88–102.

Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Geometri Analitik Memanfaatkan Bahan Ajar Digital Multimodal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98-105.

Setyorini. (2020). Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13 ? Jiemar, 01(Juni), 95–102.

Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skills Dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 264. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240

Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 5877–5889.

Trisnawati, N. F., & Warfandu, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 347-355.

Trisnawati, N. F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Warlatu, A. (2024). Improving Mathematical Reasoning Skills Through an Open-Ended Approach Assisted by Google Classroom and Google Meet. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 489–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i2.1648

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Fathurrahman, M., Ismail Djakaria, & Sarira, R. A. (2024). INTEGRASI TEKNOLOGI DAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN: ANALISIS TREN DAN INOVASI TERKINI. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 111–123. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.3911

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama