MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY

IMPROVING STUDENTS' ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES ON SPACE BUILT MATERIALS THROUGH THE TWO-STAY TWO-STRAY LEARNING MODEL

Authors

  • samsaria husid SMP Negeri 18 Halmahera Tengah
  • Supriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irna Rusani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fauzia Kilian Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Aktivitas, Bangun Ruang, Hasil Belajar, Meningkatkan, Two-Stay Two-Stray

Abstract

Interaksi antara guru dan siswa menjadi kunci penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang stimulatif. Guru yang dapat menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana yang nyaman akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih berani bertanya dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran "Two-Stay Two-Stray" dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap konsep bangun ruang. Bangun ruang merupakan topik yang memerlukan pemahaman konsep yang kuat dan penerapan kemampuan kognitif siswa secara optimal. Model pembelajaran ini melibatkan interaksi aktif antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model "Two-Stay Two-Stray" secara bertahap meningkat, mencapai kategori baik pada siklus kedua. Aktivitas peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari pertemuan ke pertemuan. Hasil belajar siswa, yang diukur melalui tes, menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II. Hasil respon peserta didik terhadap model pembelajaran ini cenderung positif, dengan rata-rata respon mencapai 3,94 pada skala 1-5. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran "Two-Stay Two-Stray" efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Pendekatan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran matematika, memotivasi siswa untuk belajar, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta berkomunikasi efektif.

References

Ahmad, A. K., Ishak, & Afdalia. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 79–87. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.23

Akbar, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 25–32. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v5i2:.394

Budianti, Y., Tasrif, A., & Budiati, D. R. (2022). Penerapan Model Two Stay Two Stray (Tsts) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat- Sifat Bangun Ruang. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(2), 220. https://doi.org/10.32934/jmie.v6i2.485

Handayani, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Pada Mata Pelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13904

Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 38–41.

Kurino, Y. D. (2017). Penerapan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Volume Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.594

Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Magistra, 4(4), 540–545. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3041

Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8356

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Purnama, K. J. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 343. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854

Saputra, N. (2021). Penenelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 1–34.

Setyo, A. A., & Mulyono, M. (2019). Kombinasi Model Pembelajaran NHT dan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 82–91. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.700

Suriansyah, A., & Mahriati, S. (2016). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAYDAN MEDIA REALIA SISWA KELAS V SDN PENGAMBANGAN 8 KOTA BANJARMASIN. Paradigma, 11(2), 5–10.

Trisnawati, N. F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Smp Negeri 2 Kota Sorong. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(3), 36. https://doi.org/10.33506/md.v9i3.15

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6126

Unaizatin, S. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) di Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 6 Malang. Journal on Education, 5(4), 15030–15037. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2558

Zaini, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Melalui Metode Duti Duta (Two Stay Two Stray) Siswa Kelas IV SDN Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 100–107.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

husid, samsaria, Supriadi, Anwar, Z., Hidayani, Rusani, I., & Kilian, F. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY: IMPROVING STUDENTS’ ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES ON SPACE BUILT MATERIALS THROUGH THE TWO-STAY TWO-STRAY LEARNING MODEL. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 23–34. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3070