PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

THE EFFECT OF INTELLIGENCE ADVERSITY QUOTIENT (AQ) ON STUDENTS' MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES

Authors

  • Rafino Agam SDN 17 Kota Sorong
  • Muhammad Ruslan Layn Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wa Ode Rusnia Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

adversity quotient; Hasil belajar matematika

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan adversity quotient siswa kelas VII SMP Quba Kota Sorong memiliki skor rata-rata sebesar 74.2174 dengan standar deviasi 8.43131. Berdasarkan kategorisasi yang digunakan, sebagian besar siswa (65.22%) termasuk dalam kategori "Campers" atau kecerdasan adversity quotient sedang. Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Quba Kota Sorong memiliki skor rata-rata sebesar 70.5652 dengan standar deviasi 6.39479. Berdasarkan kategorisasi yang digunakan, sebagian besar siswa (73.92%) termasuk dalam kategori "Campers" atau hasil belajar sedang. Analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data yang terkumpul dari responden memiliki distribusi normal. Uji linieritas menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear antara kecerdasan adversity quotient dan hasil belajar matematika siswa. Uji regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0.180. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan secara statistik (nilai p > 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan adversity quotient siswa kelas VII SMP Quba Kota Sorong relatif sedang dan hasil belajar siswa dalam kategori baik. Meskipun terdapat hubungan linear antara kecerdasan adversity quotient dan hasil belajar matematika siswa, pengaruhnya tidak signifikan dalam penelitian ini.

References

Afri, L. D. (2018). Hubungan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada pembelajaran matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).

Anwar, Z., Layn, M. R., & Ardyanti, F. (2018). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Melalui Taksonomi Bloom. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 63-76.

Azwar, S (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hastuti, T. D. (2018, March). Student profile with high adversity quotient in math learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012131). IOP Publishing.

Hulaikah, M., Degeng, I., & Murwani, F. D. (2020). The Effect of Experiential Learning and Adversity Quotient on Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 869-884.

Juwita, H. R., & Usodo, B. (2020). The Role of Adversity Quotient in the Field of Education: A Review of the Literature on Educational Development. International Journal of Educational Methodology, 6(3), 507-515.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Khikmah, I. (2022). PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MAKMUR 1 CILACAP (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Layn, M. R. (2018). Improving mathematics learning outcomes through cooperative learning model type NHT in grade VIII A students MTs Muhammadiyah. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1).

Leonard, L., & Amanah, N. (2017). Pengaruh adversity quotient dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika.

Nas, S. (2019). Pengaruh adversity quotient, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN se-kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Nurhayati, N., & Fajrianti, N. (2015). Pengaruh adversity quotient (AQ) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 73-80.

Rukmana, I., Hasbi, M., & Paloloang, B. (2016). Hubungan adversity quotient dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 325-333.

Supriadi, S., Anwar, Z., Hidayani, H., & Rusani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Fase Polya Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Campers. Celebes Education Review, 3(1), 25-33.

Suryadi, B., & Santoso, T. I. (2017). Self-Efficacy, Adversity Quotient, and Students' Achievement in Mathematics. International Education Studies, 10(10), 12-19.

Trisnawati, N. F. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Median: Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(3), 36-42.

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.

Wardiana, I. P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara adversity quotient (AQ) dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas v sd di kelurahan pedungan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Agam, R., Layn, M. R., Hidayani, & Rusnia, W. O. (2023). PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA: THE EFFECT OF INTELLIGENCE ADVERSITY QUOTIENT (AQ) ON STUDENTS’ MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 29–39. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2462