STRATEGI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH DI KELURAHAN KLAWUYUK DISTRIK SORONG TIMUR KOTA SORONG

Ahdun Nurlette, Karsiman Karsiman, Nanik Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui strategi pemerintahan yang baik dan bersih di Kelurahan Klawuyuk Distrik Sorong Timur Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah Observation atau Pengamatan; Interview atau wawancara; dan Studi Kepustakaan. Penelitian ini dilakukan di Instansi Pemerintah Kota Sorong. Populasi pada penelitian ini adalah Staf di Instansi Pemerintah Kota Sorong. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu lurah, sekertaris, dan 2 orang staf pegawai kelurahan klawuyuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi penyelenggaraan pemerintahan yang di terapkan di Kelurahan Klawuyuk Distrik Sorong Timur  sejauh ini telah berjalan dengan baik; Pengaruh KKN yang kerap menghantui setiap karyawan atas jabatan yang  dipuklnya mulai teratasi dengan pemberian tunjangan bulanan; Terjalinnya hubungan baik dan selaras di antara sesama staf kelurahan dalam pemberian tanggung jawab; serta Terjalin interaksi yang baik diantara toko masyarakat dengan staf pegawai kelurahan klawuyuk distrik sorong timur  dalam pembuatan program kemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa strategi penyelenggaraan pemerintahan yang telah diterapkan dilaksanakan dengan baik dan bersih.


Keywords


Penyelenggaraan Pemerintah; Kelurahan Klawuyuk; Kota Sorong

Full Text:

PDF

References


Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Faktor Motivasi Dalam Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945 Nomor 8 Tahun 1974. Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945 Nomor 32 Tahun 2004. Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945 Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Aparatur.

Yappen, M. M., Karsiman, K., & Purnomo, A. (2019). Fungsi Dan Peranan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat Dalam Proses Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gradual