Efektivitas Organisasi Dinas Pendapatan Daerah Kota Sorong

Authors

  • Johanis A. Ngoranubun Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Efektivitas, Organisasi, Pendapatan Daerah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui efektivitas organisasi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Sorong. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi di Dinas Pendapatan Daerah Kota Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana metode ini merupakan tipe penelitian yang bukan bermaksud untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya mengenai suatu variabel, gejala, keadaan atau fenomena sosial tertentu. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain dengan cara: Wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitin menunjukan bahwa Efektivitas organisasi Dispenda pada elemen produktivitas menunjukkan tingkat perkembangan yang belum optimal karena kontribusi PAD terhadap APBD hanya mencapai 3,75 %, walaupun dari waktu pengamatan penelitian tahun 2008 sampai tahun 2012 ada peningkatan kontribusi pemasukkan pajak dan retribusi daerah, namun hal itu disebabkan oleh rendahnya target pajak dari potensi pajak yang ada, sehingga hal ini menunjukkan bahwa target penerimaan pajak dengan realisasinya pada tahun anggaran yang sedang berjalan tidak ada kesenjangan. Sedangkan elemen kepuasan kerja menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak optimal yang disebabkan oleh minimnya insentif yang diterima para pegawai dan staf di kantor Dispenda dan terindikasi pula pada lamanya penyelesaian pekerjaan yang membutuhkan waktu dua atau tiga hari dalam pelayanan kepada para wajib pajak daerah di Kota Sorong.

References

Abdurrahman, 1987, Beberapa Pemikiran tentang Otonomi Daerah, Media Sarana Press, Jakarta.

Bratakusumah, Supriady dan Dadang, Solihin, 2001, Otonomi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Danim, Sudarman, 2000, Pengantar Studi Penelitian Kebijakan, Bumi Aksara. Cetakan Kedua, Jakarta.

Davey, K.K., 1998, Pembiayaan Pemerintah Daerah Di Indonesia, UI-Press, Jakarta.

Devas Nick, dkk., 1989, Keuangan Pemerintah Daerah Di Indonesia, UI-Press, Jakarta.

Digman, Laser A, 1996, Strategic Management: Concepts, Dicision, Cases Business Publication, Inc. Plano, Texas.

Dunn, William N., 1998, Analisa Kebijaksanaan Publik, Penyadur Drs. Mudjahir Darwin, MSc, Cetakan Ketiga, Hanindita Graha Widya, Yogyakarta.

Effendi, Sofian, 2001, Materi Kuliah Analisis Kebijakan Publik, MAP UGM, Yogyakarta.

Gibson, James L., Ivancevich, John M., Donnelly, James H., 1995, Organizations Behavior Structure and Process, Richard D. Irwin Inc., Homewood, Illinois.

Grant, Robert M., 1999, Analisis Strategi Kontemporer Konsep, Teknik, Aplikasi, Erlangga, Yogyakarta.

Hardjito, Dydiet, 2001, Teori Organisasi Dan Teknik Pengorganisasian, Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Hidayat, Syarif, 2000, Dilema Otonomi Daerah, Perluasan Wewenang Daerah vs Wewenang Elite Politik Daerah, Jurnal Analisis CSIS Tahun XXIX/No. 1

Keban, T, Yeremias, 1999, Capasity Building sebagai Prakondisi dan Langkah Strategis Bagi Perwujudan Otonomi Daerah Di Indonesia, PJKA Volume 3 No. 2 Yogyakarta.

Koentjoroningrat, 1981, Metode Penelitian Masyarakat, PT. Gramedia, Jakarta.

Mardiasmo, 2001, Perpajakan, Andi, Yogyakarta.

Maulana, Agus, 1994, Manajemen Strategi, Formulasi dan Implementasi dan Pengendalian, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Munawir, 2000, Perpajakan, Liberty, Yogyakarta.

Pearce II, John A dan Richard B, Robinson, JR., 1997, Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, (Jilid Satu), Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Putra, Fadillah, 2001, Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik, Perubahan dan inobvasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Kebijakan Publik, Pustaka Pelajar, Cetakan Pertama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 2000, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21, PT. Gramedia Utama, Jakarta.

Rihu Kaho, Josef, 1998, Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia, Rajawali Press, Jakarta.

Salusu, J., 1998, Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, PT. Grasindo, Jakarta.

Siagian, Sondang. P., 1998, Management Strategik, Bumi Aksara, Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi, 1982, Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta.

Steers, Richard M., 1985, Efektivitas Organisasi, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 1999, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Surachmad, Winarno, 1990, Pengantar Penelitian Ilmiah (Dasar Metode dan teknik), Trasito, Bandung.

Syamsi, Ibnu, 1984, Dasar-Dasar Kebijakan Keuangan Negara, PT. Renika Cipta, Jakarta.

Thoha, M., 1993, Pembinaan Organisasi: Proses Diagnosa dan Intervensi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Wahab, Solochin, Abdul, 1997, Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Wibawa, Samodra., 1994, Kebijakan Publik Proses dan Analisis, Intermedia, Jakarta.

Downloads

Published

2017-07-15

How to Cite

Ngoranubun, J. A. (2017). Efektivitas Organisasi Dinas Pendapatan Daerah Kota Sorong. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 6(2), 97–109. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/605

Issue

Section

Articles