ANALISIS ADMINISTRASI KETENAGAKERJAAN PADA PEKERJA HIBURAN MALAM DAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL KOTA SORONG

Authors

  • Nur Iman Abdul Karim Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Naser Ena Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Administrasi ketenagakerjaan, Pekerja Seks Komersial, Sorong

Abstract

Studi ini bertujuan unluk mengetahui sistem administrasi ketenagakerjaan pada pekerja hiburan malam dan seks komersial di Kota Sorong, mengetahui fungsi dan peran secara timbal balik antara germo dengan pekerja seks komersial di Kota Sorong, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan pada pekerja hiburan malan dan pekerja seks komersial di Kota Sorong. Hasilnya menunjukan bahwa Sistem ketenagakerjaan memiliki keleluasaan untuk tidak menerapkan hukuman, kasus-kasus kerja paksa pada umumnya memerlukan respon-respon penegakan hukum dan pidana yang cepat. Pengawas ketenagakerjaan memerlukan pengetahuan dan penilaian yang baik untuk dapat membedakan antara ketidakpatuhan yang serius atau disengaja atau pelanggaran yang tidak disengaja ataupun minor serta berbagai upaya telah dilakukan untuk menghapuskan prostitusi, tetapi tetap saja ada dan tidak dapat dihilangkan, mengingat praktek prostitusi itu telah sama tuanya dengan kehidupan manusia sendiri. Sampai sekarang kebanyakan masyarakat yang menganggap dirinya suci, bersih, dan bermoral terus mengecam dan mencemooh para pelaku prostitusi itu dan berupaya untuk menghilangkannya.

References

Bugin, Burhan, 2008, Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Devilie, Philippe, dkk, 1987, Manusia, Keputusan, Masyarakat Teori Dinamika Antara Aktor dan Sislem Untuk Umvwan Sosial, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Giddens Anthony, Bell Daniel, etc, 2004, Sosiologi. Sejarah dan Berbagai Pemikirannya, Kreasi Wacana, Yogyakarta.

James, P. Spradley, 1997, Metode Etnografi, PT. Tiara Wacana Yogya, Yogyakarta.

Jarry, David, and Julia Jary, 1991, Dictionary of Sociology, Harper-Collins, Publisher.

Kartono, Kartini, 1999, Patologi Sosial (jilid l)r PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Keesing, Roger, 1992, Antropplogi Budaya, Edisi Kedua, Perspektif Komtemporer, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Koblinsky, Marge, Tunyan, Judith, Gay, Jill, 1997, Kesehatan Wanita Sebuat Perspektif Global, Gadjah Mada Universitas Press, Yogyakarta. Indrajit, Koentjaraningrat, 1986, Pengantar Ilmu Antropologi, Penerbit Aksara Bani, Jakarta.

………………., 2000, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan (cetakan kesembilan belas), PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

………………., 1990, Sejarah Teori Antropologi I, Universitas Indonesia Pers, Jakarta.

Moleong, Lexy, 1988, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Remaja Rusda Karya, Bandung.

Nanvoko, Dwi, J. Bagong Suyanto, 2006, Sosiologi, Teks Pengantar Dan Tampan, Kencana, Jakarta.

Peter, Beiharz, 2005, Teori-Teori Sosial, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Pujileksono, Sugeng, 2006, Petualangan Antropologi, Universitas Muhammadiyah, Malang.

Rahayu S. Hidayat, 2000, Perempuan Indonesia Dalam Masyarakat Yang Telah Berubah Program Studi Kajian Wanita,PPS, UI, Jakarta. Ritzer, George-Goodman J. Dougles, 2008, Teori Sosiologi Modern, Rawamangan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta. Satori, Djarnan, Komariah, Aan, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit Alfabeta, Banduug.

Scott, James C, 1983, Moral Ekonomi Petani, Cctakan Kedua, LP3S, Jakarta.

Downloads

Published

2017-07-15

How to Cite

Karim, N. I. A., Amiruddin, A., & Ena, N. (2017). ANALISIS ADMINISTRASI KETENAGAKERJAAN PADA PEKERJA HIBURAN MALAM DAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL KOTA SORONG. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 6(2), 1–11. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/598

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)