Pengaruh Pengoperasian Jalan Tol Tegal-Pemalang Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Pantura Tegal-Pemalang

Authors

  • Isradias Mirajhusnita Universitas Pancasakti Tegal
  • Galuh Renggani Wilis Universitas Pancasakti Tegal
  • Fita Ayunina Lathifah Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v6i2.1139

Keywords:

Kinerja Lalu Lintas, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jalan Pantura dan Tingkat Pertumbuhan Lalu Lintas

Abstract

Jalan Tol Tegal-Pemalang direncanakan untuk mengurangi kemacetan di Jalan Pantura Tegal-Pemalang. Pembangunan Jalan Tol Tegal-Pemalang akan mempengaruhi kinerja lalu lintas di ruas Jalan Pantura Tegal-Pemalang. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak yang diakibatkan oleh pengoperasian jalan tol terhadap kinerja lalu lintas jalan pantura dengan membandingkan kinerja lalu lintas jalan pantura sebelum dan sesudah adanya jalan tol. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan mengumpulkan data di lapangan tentang kinerja lalu lintas jalan pantura sebelum dan sesudah adanya jalan tol kemudian menganalisisnya berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) serta memprediksi pertumbuhan lalu lintas menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) menggunakan metode rumus bunga majemuk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi perubahan kinerja lalu lintas jalan pantura namun tidak signifikan. Menurut hasil analisis tingkat pelayaan sebelum adanya jalan tol memiliki nilai F pada semua ruas jalan yang menunjukan ruas jalan tersebut mengalami kepadatan arus yang tinggi sehingga sering terjadi kemacetan saat jam sibuk. Setelah dibangunnya jalan tol terjadi peningkatan tingkat pelayanan pada ruas jalan pantura dengan nilai E pada ruas jalan arah Tegal dan nilai D pada ruas jalan arah Pemalang. Sedangkan tingkat pertumbuhan lalu lintas jalan pantura selama 10 tahun mendatang mengalami peningkatan sebesar 4266,85 smp/jam arus lalu lintas arah Tegal dan 4135,21 smp/jam arus lalu lintas arah Pemalang.

References

Anonim. 2019. Jalan Pantura Tegal-Pemalang. http://id.m.wikipedia.org (diakses 28 Februari 2019)

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. 2019. PDRB Jawa Tengah Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha Juta Rupiah 2010-2018. https://jateng.bps.go.id/ (diakses 23 Maret 2019)

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal. 2017. Buku Kinerja Keselamatan Tramsportasi Jalan Kabupaten Tegal. Tegal

Google Inc. 2019. Google Image: Lokasi Jalan Pantura Tegal-Pemalang. http://maps.google.com/ (diakses 28 Februari 2019)

Kementrian Perhubungan. 2006. Keputusan Menteri Perhubungan No 14 Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Jakarta.

Kementrian Perhubungan. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan No 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 370/KPTS/M/2007. 2007. Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Tol. Jakarta.

Nugroho, Untoro dkk. 2017. Evaluasi Kapasitas Ruas Jalan Pantura Kabupaten Brebes. Universitas Negeri Semarang. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan, 19(1), 71-76.

PT. Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR). 2019. LHR Pintu Tol Tegal 2018-2019 & Tipikal Cross Section Tegal-Pemalang. Tegal

Rachmawati, Annisa dkk. 2014. Evaluasi Dan Pemecahan Masalah Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Pantura Di Kabupaten Rembang (Kaliori-Sluke). Universitas Diponegoro. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4(3), 1005-1014.

Rusdiono, Tri Angga Prakoso dkk. 2016. Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Pandaan-Gempol Sebelum Dan Sesudah Adanya Jalan Tol. Universitas Brawijaya. Malang. Vol. 1 No. 2

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004. Tentang Jalan, Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Wahab, Wahyuni dkk. 2015. Analisis Nilai Pertumbuhan Lalu Lintas Dan Perkiraan Volume Lalu Lintas Dimasa Mendatang Berdasarkan Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (Studi Kasus Ruas Jalan SP.Lago-Sorek/ Jalan Lintas Timur). Universitas Riau. JOM FTEKNIK. Vol. 2 No. 1

Downloads

Published

2020-11-19

How to Cite

Mirajhusnita, I., Wilis, G. R., & Lathifah, F. A. (2020). Pengaruh Pengoperasian Jalan Tol Tegal-Pemalang Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Pantura Tegal-Pemalang. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 6(2), 29–34. https://doi.org/10.33506/rb.v6i2.1139