Penyuluhan Perawatan Payudara Pada Ibu Nifas Pasca Persalinan Dini Dalam Memberikan ASI Eksklusif Di Rumah Sakit Angkatan Darat Di Kota Kediri

Authors

  • Dhewi Nurahmawati Akademi Kebidanan PGRI Kediri
  • Mulazimah Mulazimah Akademi Kebidanan PGRI Kediri
  • Yani Ikawati Akademi Kebidanan PGRI Kediri
  • Delarosi Dwi Agata Akademi Kebidanan PGRI Kediri
  • Rindi Pratika Akademi Kebidanan PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1416

Keywords:

Perawatan Payudara, ASI Eksklusif, Nifas

Abstract

Pemberian ASI eksklusif sangat bermanfaat bagi bayi dan ibu. Demi kelancaran proses menyusui, sangat penting bagi ibu melakukan perawatan payudara sejak kehamilan dan setelah proses persalinan. Perawatan payudara adalah suatu tindakan untuk merawat payudara untuk memerlancar pengeluaran ASI. Perawatan payudara bermanfaat untuk meminimalkan keluhan dan masalah pada payudara saat proses menyusui. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode teknik komunikatif dengan tiga pendekatan yaitu ceramah, demonstrasi, tanyajawab dan diskusi. Hasil dari penyuluhan perawatan payudara oleh tenaga kesehatan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu nifas.

References

Bobak L, Jensen. Keperawatan Maternitas. Jakarta: EGC; 2004.

Dewi, Y. P., Harapan, A. and Ponorogo, M. (2017) „Hubungan Pengetahuan Ibu Balita Usia 7-36 Bulan Tentang Asi Eksklusif Dengan Kegagalan Ibu Dalam Memberikan Asi Eksklusif‟, Jurnal Delima Harapan.

Karjati, Atin. 2016. Praktikum Keperawatan Maternitas. Pusdik SDM Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan : Kemenkes RI.

Kemenkes, RI .2013. Pedoman Perencanaan Program Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Dalam Rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia.

Lestari I. 2015. Pengaruh Penyuluhan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Bedside Teaching Terhadap Keterampilan Ibu Melakukan Pijat Bayi Di Tinjau Dari Paritas..; Vol 6, No 2 – Juni. Jurnal Kesehatan SAMODRA ILMU.

Mogre, V,. Dery, M. dan Gaa, P. (2016). Knowledges, attitudes and determinants of Exclusive Breastfeeding Practice among Ghanaian rural lactating mother. International Breastfeeding Journal.11(12).

Mufdlilah, 2017. Buku Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui Pada Program Asi Eksklusif. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia.

Nurahmawati, Dhewi. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi Berat Badan Lahir Rendah. Jurnal Bidan Pintar 1 (2), 136-149

Switaningtyas, W., Harianto, T. and W, R. C. A. (2017) “Hubungan Perawatan Payudara Antenatal Dengan Percepatan Sekresi Kolostrum Pada Ibu Post Partum Di RSIA MW Malangâ€, Journal Nursing News.

Wahyu K. 2016. Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Demontrasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Breast Care Pada Ibu Menyusui Di Pustu Tibang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi. D-IV Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ubudiyah Indonesia;

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)