Fitur “Status” Jurnalisme Media Sosial Whatsapp Sebagai Bentuk Self-Disclosure Pada Remaja Generasi Digital Native
DOI:
https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3362Keywords:
Media Sosial, WhatsApp, Self Disclosure, Digital Native.Abstract
Generasi digital native ialah generasi yang sudah tidak dapat dipisahkan hidupnya dari teknologi semacam internet dan media sosial. Tujuan dari riset ini yakni untuk mengetahui bagaimana jenis self disclosure yang dilakukan oleh remaja generasi digital native yang mereka jalani di fitur “Status” WhatsApp, dan alasan yang mendasari para informan untuk melakukan self disclosure di media sosial tersebut. Metode yang digunakan dalam riset ini ialah metode kualititaif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sebagian informan yang tercantum kedalam jenis remaja generasi digital native yakni umur 19 hingga umur 22 tahun. Adapun dalam mengungkapkan kategori atau tipe pengungkapan diri informan, peneliti menggunakan teori Johari Window. Hasil penelitian menerangkan bahwa jendela hidden area yang terdapat dalam keempat jendela Johari itu lebih terbuka lebar yang menunjukkan bahwa remaja digital native cenderung tidak melepas semua informasi yang berkaitan dengan diri mereka.
References
Alaby, Muhammad Awin. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.
Astuti, Yanti Dwi. (2017). Peperangan Generasi Digital Natives Melawan Digital Hoax Melalui Kompetisi Kreatif. Informasi, 47(2), 229. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16658
Bustomi, Aryananda Rizky, & Yuliana, Nina. (2023). Peran Aplikasi Whatsapp Dalam Dinamika Ilmu Komunikasi. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(4), 2023–2054.
Fauzia, Alya Zachra, Maslihah, Sri, & Ihsan, Helli. (2019). Pengaruh tipe kepribadian terhadap. Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self-Disclosure Pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Bandung, 3(3), 151–160.
Hapsari Wijayanti, Sri, Sihotang, Kasdin, Emmily Dirgantara, Vanessa, & Maytriyanti. (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16(2), 129–146. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art3
Harianto, Diva Putri, Jaya, Joy Nashar Utama, & Darmansyah, Darmansyah. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Whatsapp Sebagai Media Berbagi Informasi Menggunakan Metode Pieces Framework. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 306–313. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1547
Luo, Mufan, & Hancock, Jeffrey T. (2020). Self-disclosure and social media: motivations, mechanisms and psychological well-being. Current Opinion in Psychology, 31, 110–115. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2019.08.019
Mardiana, Lisa, & Zi’ni, Anida Fa’zia. (2020). Pengungkapan Diri Pengguna Akun Autobase Twitter @Subtanyarl. Jurnal Audience, 3(1), 34–54. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.4134
Masip, Pere, Suau, Jaume, Ruiz-Caballero, Carles, Capilla, Pablo, & Zilles, Klaus. (2021). News Engagement on Closed Platforms. Human Factors and Technological Affordances Influencing Exposure to News on WhatsApp. Digital Journalism, 9(8), 1062–1084. https://doi.org/10.1080/21670811.2021.1927778
Nabity-Grover, Teagen, Cheung, Christy M. K., & Thatcher, Jason Bennett. (2020). Inside out and outside in: How the COVID-19 pandemic affects self-disclosure on social media. International Journal of Information Management, 55(June), 102188. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102188
Prihantoro, Edy, Damintana, Karin Paula Iasha, & Ohorella, Noviawan Rasyid. (2020). Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second Account Instagram Edy Prihantoro 1 , Karin Paula Iasha Damintana 2 , Noviawan Rasyid Ohorella 3. Ilmu Komunikasi, 18(3), 312–323.
Radja, Erland Hamzah, & Citra, Eka Putri. (2020). Analisis Self-Disclosure Pada Fenomena Hyperhonest Di Media Sosial. Pustaka Komunikasi, 3(2), 222–224.
Rohani, Laila, Saragih, M. Yoseriza., Azhar, Anang Anas, & Fitri, Anita Wulanie. (2021). Marketing Communication Strategy of Online Shop to take advantage of Instagram Application (Case Study on Online Shop @cutrizkyhijab1). Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 8(3), 218–228. https://doi.org/10.33258/KONFRONTASI2.V8I3.159
Rosenfeld, Avi, Sina, Sigal, Sarne, David, Avidov, Or, & Kraus, Sarit. (2018). WhatsApp usage patterns and prediction of demographic characteristics without access to message content. Demographic Research, 39(1), 647–670. https://doi.org/10.4054/DemRes.2018.39.22
Saifulloh, Muhammad, & Siregar, Maria Ulfah. (2019). Pengungkapan Diri Gofar Hilman Sebagai Influencer Melalui Media Instagram. Pustaka Komunikasi, 2(2), 167–180. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v2i2.869
Salsabila, Fahmi, & Muslim, Ibnu Fiqhan. (2022). Utilization of WhatsApp as a Digital Literature Media for Dakwah Among Students. INTELEKTIUM, 3(1), 86–95. https://doi.org/10.37010/INT.V3I1.718
Saragih, M. Yoserizal. (2019). Media Massa dan Jurnalisme: Kajian Pemaknaan Antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 12. https://doi.org/10.37064/JPM.V6I1.4988
Saragih, M. Yoserizal, & Harahap, Ali Imran. (2020). The Challenges of Print Media Journalism in the Digital Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 3(1), 540–548. https://doi.org/10.33258/birci.v3i1.805
Setiadi, Gabriella Jacqueline. (2019). Self-disclosure individu androgini melalui instagram sebagai media eksistensi diri. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(2), 272. https://doi.org/10.25139/JSK.V3I2.1497
Supratman & Lucy. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15, 47–60.
Syaifa Tania. (2022). Perbedaan Generasional dalam Memaknai Praktik Periklanan Digital oleh Influencer di Media Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i1.4247
Varlina, Vivi, & Duma, Thesalonika Lefanya Kara. (2022). Privacy Crisis on Instagram: a Factor Analysis Approach on Motivation Behind Privacy Disclosure in Adolescents. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 7(1), 176–186. https://doi.org/10.25008/jkiski.v7i1.613
Yunita, Ria. (2019). Aktivitas Pengungkapan Diri Remaja Putri Melalui Sosial Media Twitter. Jurnal Komunikasi, 10(1), 26–32. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5073
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Lola Edria, M. Yoserizal Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.