Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota

Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota

Penulis

  • zakiyah anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Marlinda Indah Eka Budiarti universitas Muhammadiyah Sorong
  • Andi Maryam universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rizky Ekawati Ahmad universitas Muhammadiyah Sorong
  • Regina Amelia Sarira universitas Muhammadiyah Sorong

Kata Kunci:

VAK Learning Model, Dakota Media

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dengan pemanfaatan media Dakota pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong.Penelitian ini  menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) yang dikombinasikan dengan pemanfaatan media dakota, sementara pada kelas kontrol digunakan model pembelajaran biasa/konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah The Non-Equivalent Pretest-posttest Control Group Design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembalajaran VAK dengan memanfaatka media dakota efektif meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IVB SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong yang didasarkan atas mengujian hipotesis dimana hasilnya yaitu nilai T-tes sig 2-tailed (P-value) sebesar 0,000 > 0,05 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis kriteria keefektifan pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori sangat baik, aktivitas dan respon siswa berada pada kategori baik, serta hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor yang diperoleh setelah perlakuan adalah 70 dengan rata-rata N-gain 0,57.

Referensi

Anwar, Z., & Ruslan, R. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Somatic Auditory

Visual Intelectualy Kinesthetic (SAVIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 8-17.

Anwar, Z., Fahrizal, A., & Budiarti, M. (2020). PKM Workshop Model Pembelajaran

Inovatif dan Kreatif pada Guru di MTs Darussalam Raja Ampat. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 63-67.

Anwar, Z., Maryam, A., & Ahmad, R. E. (2022, December). Analysis of the Influence of

the Role of Parents Accompanying Children at Home Learning Activities During the Covid-19 Pandemic. In 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022) (pp. 300-308). Atlantis Press.

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Kemendikbud. 2016. Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesianalisme Guru. Jakarta: Rajawa1i Pers

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitalif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suprijono Agus. 2012_ Coorperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenademedia Group

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

anwar, zakiyah, Budiarti, M. I. E., Maryam, A., Ahmad, R. E., & Sarira, R. A. (2023). Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota: Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 58–66. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2458