Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota
Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota
Kata Kunci:
VAK Learning Model, Dakota MediaAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dengan pemanfaatan media Dakota pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong.Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) yang dikombinasikan dengan pemanfaatan media dakota, sementara pada kelas kontrol digunakan model pembelajaran biasa/konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah The Non-Equivalent Pretest-posttest Control Group Design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembalajaran VAK dengan memanfaatka media dakota efektif meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IVB SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong yang didasarkan atas mengujian hipotesis dimana hasilnya yaitu nilai T-tes sig 2-tailed (P-value) sebesar 0,000 > 0,05 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis kriteria keefektifan pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori sangat baik, aktivitas dan respon siswa berada pada kategori baik, serta hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor yang diperoleh setelah perlakuan adalah 70 dengan rata-rata N-gain 0,57.
Referensi
Anwar, Z., & Ruslan, R. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Somatic Auditory
Visual Intelectualy Kinesthetic (SAVIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 8-17.
Anwar, Z., Fahrizal, A., & Budiarti, M. (2020). PKM Workshop Model Pembelajaran
Inovatif dan Kreatif pada Guru di MTs Darussalam Raja Ampat. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 63-67.
Anwar, Z., Maryam, A., & Ahmad, R. E. (2022, December). Analysis of the Influence of
the Role of Parents Accompanying Children at Home Learning Activities During the Covid-19 Pandemic. In 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022) (pp. 300-308). Atlantis Press.
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Kemendikbud. 2016. Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesianalisme Guru. Jakarta: Rajawa1i Pers
Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitalif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suprijono Agus. 2012_ Coorperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenademedia Group