PENGEMBANGAN AKTIVITAS PROYEK KOLABORASI BAGI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI

DEVELOPMENT OF COLLABORATION PROJECT ACTIVITIES FOR HIGHER EDUCATION STUDENTS

Penulis

  • Nasrullah universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Pengembangan, Aktivitas Proyek, Kolaborasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas kolaborasi melalui pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan pada tingkat perguruan tinggi. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika sebanyak 30 orang. Pengembangan ini dilakukan dengan metode penelitian desain yang urutannya dimulai dari tahap persiapan, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Untuk mendukung penelitian ini, instrumen yang digunakan yaitu monitoring dan evaluasi, dokumentasi, lembar pengamatan aktivitas, dan lembar kemajuan kinerja. Sementara untuk analisis data dilakukan dengan metode trustworthines. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dengan ragam target dimulai dengan kegiatan, wawancara, FGD, dan diakhiri dengan eksperimen konstruktif. Dengan aktivitas ini, perubahan positif ditunjukkan oleh mahasiswa melalui luaran yang dihasilkan. Perubahan positif yang dimaksudkan berupa kemampuan mengidentifikasi masalah, mengorganisasi anggota kelompok dalam diskusi konstruktif, dan melakukan eksperimen konstruktif untuk menyiapkan solusi dari masalah yang diselesaikan. Lebih dari itu, proses pembelajaran ini semakin melengkapi kompetensi mahasiswa.

Referensi

Amirullah, & Nasrullah. (2018). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.13351

Bachtiar, M. Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Bakker, A. (2018). Design Research in Education. In Design Research in Education. https://doi.org/10.4324/9780203701010

Conaldi, G., Vita, R. De, Ghinoi, S., & Foster, D. M. (2023). Virtual collaborative spaces : a case study on the antecedents of collaboration in an open- ­ source software community. April. https://doi.org/10.1111/radm.12599

Gresalfi, M., Martin, T., Hand, V., & Greeno, J. (2009). Constructing competence: An analysis of student participation in the activity systems of mathematics classrooms. Educational Studies in Mathematics, 70(1), 49–70. https://doi.org/10.1007/s10649-008-9141-5

Hafeez, M., & Akhter, Y. (2021). Effects of Blended Learning in Comparison of Traditional Learning to Provide Safer Learning Environment- A Comparative Review. In International Journal of Educational Research & Social Sciences (Vol. 2, Issue 6, pp. 1604–1615). International Journal of Educational Research & Social Sciences (IJERSC). https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.209

Hammer, T., & Lewis, A. L. (2023). Which competencies should be fostered in education for sustainable development at higher education institutions? Findings from the evaluation of the study programs at the University of Bern, Switzerland. Discover Sustainability, 4(1). https://doi.org/10.1007/s43621-023-00134-w

Lazakidou, G., & Retalis, S. (2010). Using computer supported collaborative learning strategies for helping students acquire self-regulated problem-solving skills in mathematics. Computers and Education, 54(1), 3–13. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.02.020

Nasrullah. (2014). Kontribusi Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Faktor AIK dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II / 3 SMPN 2 Makassar. Kreano, 5(1), 48–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3277

Nasrullah, & Baharman. (2018). Exploring Practical Responses of M3LC for Learning Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012007

Nasrullah, Suradi, & Hamda. (2021). Study of Clarification Android Based Worksheet of Topic Cartesian Coordinate at Level Junior Secondary. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012079

Nilsen, E. R. (2010). Oppurtunities for learning and knowledge creation in practice. Sykepleien Nett, 5(3), 234–234. https://doi.org/10.4220/sykepleienn.2010.0127

Ruslan, R., Alimuddin, A., & Nasrullah, N. (2018). Developing Alternative Assessment of Mathematical Performance for Vocational Students. Innovation of Vocational Technology Education, 14(1), 32. https://doi.org/10.17509/invotec.v14i1.11045

Stahl, N. A., & King, J. R. (2020). Understanding and Using Trustworthiness in Qualitative Research. Journal of Developmental Education, 44(1), 26–28.

Wakhata, R., Mutarutinya, V., & Balimuttajjo, S. (2022). Secondary school students’ attitude towards mathematics word problems. Humanities and Social Sciences Communications, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.1057/s41599-022-01449-1

Xu, E., Wang, W., & Wang, Q. (2023). The effectiveness of collaborative problem solving in promoting students’ critical thinking: A meta-analysis based on empirical literature. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01508-1

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Nasrullah. (2023). PENGEMBANGAN AKTIVITAS PROYEK KOLABORASI BAGI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI: DEVELOPMENT OF COLLABORATION PROJECT ACTIVITIES FOR HIGHER EDUCATION STUDENTS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–10. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2419