ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS 2 SMP OIKUMENE KOTA SORONG DALAM MEMAHAMI KONSEP PEMBAGIAN PECAHAN

Authors

  • Sundari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Reza Muhamad Zaenal Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • rosa delima lingasere universitas muhamadiyah sorong
  • Falni Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Alowesia Rosalina Runfaan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4111

Keywords:

Analisis Kesulitan, Pemahaman Konsep, Pembagian Pecahan

Abstract

Pemahaman konsep pembagian pecahan merupakan keterampilan dasar yang penting dikuasai oleh siswa kelas 2 SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pembagian pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap enam siswa kelas 2 SMP Oikumene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memahami konsep dasar pembagian pecahan, termasuk prosedur invers dalam operasi pembagian serta identifikasi pembilang dan penyebut. Meskipun beberapa siswa mengaku memahami istilah pembilang dan penyebut, mereka tidak dapat menunjukkan dengan tepat dalam bentuk pecahan yang diberikan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa lemahnya pemahaman konsep dasar pecahan menjadi salah satu penyebab utama kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan, sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan berorientasi pada pemahaman konsep.

References

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1-12.

Ananda, R. A., Febrian, F., & Tambunan, L. R. (2021). Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan soal materi operasi hitung pecahan campuran ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis. Jurnal Gantang, 6(2), 163-168.

Andini, M. C. (2024). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Hitung Di Kelas IV SDN 1 Pujodadi (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.

Azis, A., Nurlita, M., & Zulkifran, Z. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Pecahan pada Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 116-134.

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217

Lubis, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi pecahan di SD Negeri 100316 Pargarutan Julu (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Mulyono, M., & Trisnawati, N. F. (2024). The comparison of the effectiveness of online and offline learning in the educational statistics course. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 13(1), 16-29.

Mulyono, Trisnawati, N., Komayanti, & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10414

Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan ditinjau dari pemecahan masalah Polya. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-2.

Prastiwi, R., & Saputro, B. A. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan kelas V SD. Potlot Publisher, 90-99.

Sundari, S., Rusani, I., Musa'ad, F., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ENTERPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1174-1188.

Supriadi, S., Hidayani, H., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Langkah-langkah Polya di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers dan Tipe Quitters. AdMathEdu, 11(1), 73-86.

Swaratifani, Yerrina, & Budiharti. 2021. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada.” Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):14–19.

Trio Mahendra, Y. (2025). Analisis Penerapan Model Pembelajaran GBL Dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Inklusi Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV B SD N 131/IV Kota Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250-260.

Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.

Utami, L. (2016). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan dan solusi pemecahannya. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 246-259.

Walidin, Harul, Saifullah, & Tabrani. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif& Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Widiyanti, P., & Yani, A. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi pecahan bentuk aljabar di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9).

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain & Metode. 10th ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Zaluchu, Sonny Eli. 2021. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3(2):249–66

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Sundari, Zaenal, R. M., lingasere, rosa delima, Falni, & Runfaan, A. R. (2025). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS 2 SMP OIKUMENE KOTA SORONG DALAM MEMAHAMI KONSEP PEMBAGIAN PECAHAN. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.33506/jme.v3i1.4111