Strategi Pemerintah Kota Sorong dalam Mengatasi Tantangan Anak Putus Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.33506/jm.v3i1.4725Keywords:
Strategi, Pemerintah Kota Sorong, Anak Putus SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pemerintah Kota Sorong dalam mengatasi tantangan anak putus sekolah dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi strategi pemerintah Kota Sorong dalam mengatasi tantangan anak putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemerintah Kota Sorong dalam mengatasi tantangan anak putus sekolah menggunakan lima indikator, yaitu Tujuan, Lingkungan, Arah, Tindakan, dan Pembelajaran. Faktor-faktor yang memengaruhi strategi pemerintah Kota Sorong dalam mengatasi tantangan anak putus sekolah terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah keterbatasan anggaran dalam mendukung berbagai program pendidikan, efektivitas program yang belum maksimal. Perbedaan tingkat keberhasilan strategi di berbagai daerah dan kurangnya koordinasi antar instansi. Faktor eksternal meliputi faktor ekonomi, sosial, budaya, dan masyarakat serta organisasi pendidikan. Dengan strategi yang terencana dan kerja sama lintas sektoral, diharapkan angka putus sekolah di Kota Sorong dapat terus ditekan dan mutu pendidikan dapat ditingkatkan.