Game Based Learning Pengenalan Alat Musik Papua Menggunakan Metode MDLC

Authors

  • Muhammad Taufik Aziz Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rendra Soekarta Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muh Fadli Hasa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fitriyani Tella Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jiki.v3i1.4256

Keywords:

Game Edukasi, Multimedia, Alat Musik Papua, MDLC

Abstract

Media pembelajaran seperti game edukasi merupakan pilihan yang bagus untuk mengajar anak-anak hal-hal baru karena game pada dasarnya dimainkan untuk hiburan dan juga berfungsi sebagai alat pembelajaran yang sangat baik Karena game pada dasarnya dimainkan untuk hiburan, dan pengenalan, pemahaman mengenai alat musik papua ini masih terbatas, terutama di kalangan generasi muda yang cenderung lebih terpapar pada budaya pop dan modern. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang inovatif dan menarik dengan adanya game edukasi alat musik papua diharapkan anak - anak anak-anak mungkin lebih tertarik untuk belajar karena mereka dapat berinteraksi dengan materi pelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan dan lebih baik. Dalam penelitian ini, metode Multimedia Life Cycle Development(MDLC) versi Luther-Sutopo digunakan untuk membuat Game Pengenalan Alat Musik Papua yang menggunakan Metode MDLC. Penelitian ini menggunakan game engine Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Pada penelitian ini, Usability Testing digunakan untuk mengumpulkan data. respondennya terdiri dari 53 anak yang berusia antara 7 hingga 12 tahun. Hasil pengujian menunjukkan bahwa respons pengguna terhadap aplikasi sangat positif dan memberikan dukungan yang kuat terhadap keberhasilan pembuatannya, menurut 84% dari peserta. Hasil penelitian ini menghasilkan game multimedia dengan format .APK pada platform perangkat yang menggunakan sistem operasi Android.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muhammad Taufik Aziz, Rendra Soekarta, Muh Fadli Hasa, & Fitriyani Tella. (2024). Game Based Learning Pengenalan Alat Musik Papua Menggunakan Metode MDLC . Framework : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 13–23. https://doi.org/10.33506/jiki.v3i1.4256

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.