Pendampingan Literasi Bahasa Inggris Dasar Siswa SD YPK Kharisma Melalui Penggunaan Alat Peraga Sederhana

Authors

  • Heriyanti Tahang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Intan Ledy Puspito Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Yuliana Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rinda Hardianti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Andi Maryam Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ihsan Febriadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hayat Marwan Ohorella Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Syahira STKIP Muhammadiyah Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i1.2120

Keywords:

Teaching Aids, English Literacy

Abstract

Alat peraga sederhana merupakan media utama dalam proses pembelajaran agar dapat mempengaruhi pikiran, perhatian, serta keterampilan siswa sehingga mendorong kemauan belajarnya saat proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Alat peraga sederhana yang dimanfaatkan berasal dari bahan di lingkungan sekitar ataupun dapat dibuat sendiri, dalam penggunaannya alat peraga sederhana dapat membantu literasi dan numerasi siswa dalam lingkup pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan kegiatan ini adalah penggunaan alat peraga sederhana dalam meningkatkan literasi dan numerasi Bahasa Inggris siswa dengan membaca atau memahami kosa kata Bahasa Inggris sederhana dan mengenali pengucapan angka dalam Bahasa Inggris di sekolah SD YPK Kharisma Kota Sorong. Metode diskusi, pendampingan, dan penyuluhan adalah metode yang digunakan dalam kegiatan ini selama agustus hingga desember. Dari hasil pelaksanaannya dapat disimpulkan siswa SD YPK Kharisma menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang aktif menyebutkan kosa kata bahasa inggris yang ditanyakan, yang awalnya tidak ada seorang siswa pun, menjadi semua siswa di dalam kelas yang antusias dalam menjawab soal yang diberikan serta berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar dalam kelas.

References

Dyah Worowirastri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, Innany Mukhlis hina, & Beti Istanti Suwandayani. (2019). ELSE (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(4), 94.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan numerasi Bahasa Inggris Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 6134. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Jagom, Y. O., Uskono, I. V., & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika sebagai Media Pembelajaran di SD Oebola Di Nusa Tengggara Timur. Abdidas, 1(3), 340–341.

Setiawan, F., & Sukamto, S. (2021). Implementasi Kampus Mengajar Perintis (KMP) Sebagai Cikal Bakal Penggerak Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 341.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 917.

Sutari, S. P. (2021). Alat Peraga Sederhana Efektif untuk Memahami Hukum I Newton. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/01/04/alat-peragasederhana-efektif-untuk-memahami-hukum-i-newton/

Wahyuningsih, B. Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Islamika, 2(1), 85. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.647

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles