Peran Pendidikan di Era Milenial

Authors

  • Dian Saputra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Erpin Said Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Niny Jeni Maipauw Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.808

Keywords:

Pendidikan, era milenial, beasiswa, digital literacy

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk mencapai proses keilmuan yang memadai, namun masih banyak kalangan yang belum memanfaatkan sarana tersebut untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas dirinya. Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam hal ini tersaji kedalam bentuk seminar dengan tema “Pendidikan Era Milenial untuk Siswa SMP Negeri 7 Tanjung Kasuari Di Kelurahan Suprau Distrik Maladomes Kota Sorong bertujuan agar memberikan informasi kepada siswa/i SMP tentang pentingnya pendidikan dan mudahnya mencapai cita-cita melalui pendidikan. Oleh karena itu, peran dari semua pemangku kepentingan dapat lebih turut andil dalam menciptakan sarana dan prasarana yang memadai guna membantu peserta didik memperoleh pendidikan yang terarah dan baik. Kegiatan ini meliputi beberapa aktifitas diantaranya; diawali dengan memberikan motivasi, demonstrasi dan tanya jawab kepada peserta seminar. Dalam pelaksanaannya program ini menunjukkan beberapa capaian positif diantaranya; antusiasme peserta dalam mengikuti seminar, menumbuhkan minat belajar peserta dan terserapnya informasi baru tentang adanya program beasiswa bagi putra-putri Papua. Adapun harapannya kedepan dengan adanya program Pengabdian Kepada Masyarakat dapat lebih memberikan manfaat yang nyata dan membantu meningkatkan sumber daya manusia di Kelurahan Suprau khususnya dan Kota Sorong seluruhnya.

References

Aji T, P. (2019). Peran Generasi Milenial Bagi NKRI. https://setkab.go.id/peran-generasi-milenial-bagi-nkri-2/ diakses pada tanggal 01 Juli 2019.

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247.

Fauzi, Fauzi. (2018). Peran Pendidikan dalam Transformasi Nilai Budaya Lokal Di Era Millenial. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 23. 51-65. 10.24090/insania.v23i1.2006.

Herlina, D. 2015. Membangun karakter bangsa melalui literasi digital. In Prosiding seminar nasional konstibusi ilmu-ilmu sosial dalam persepatan pembangunan Indonesia bermartabat.

Wael, A., Saputra, D., & Setyawati, E. (2019). Enhancing Students’ Oral Communication By Using Communicative Language Teaching (CLT). Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 38-49.

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.

Downloads

Published

2020-01-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)