Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Asuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong

Authors

  • Heriyanti Tahang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Yuliana Yuliana Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rinda Hardianti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hayat Marwan Ohorella Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1601

Keywords:

Pendampingan Bahasa Inggris, Panti Asuhan, KKN PPM

Abstract

Pentingnya penguasaan bahasa asing sebagai salah satu bahasa internasional yang mampu menjadi penunjang dalam dunia kerja menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia di zaman penuh teknologi ini. Hasil observasi awal di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong, seluruh anak asuh di panti tersebut masih memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lemah. Kegiatan pemberdayaan melalui Bimbingan Belajar Bahasa Inggris telah dilakukan selama kurang lebih tiga bulan melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Kuliah Kerja Nyata (PPM KKN). Tahapan kegiatan tersebut telah dilakukan mulai dari persiapan, analisis kebutuhan, penyusunan silabus dan jadwal, pelaksanaan pre tes, pelaksanaan bimbingan belajar, pos tes hingga penjajakan kerja sama antar lembaga. Hasil luaran kegiatan ini adalah satu pengetahuan peserta belajar telah meningkat yaitu kemampuan dasar Bahasa Inggris peserta mencapai target, yaitu lebih dari 50% siswa yang memperoleh nilai dengan kategori baik (71 %) dan 19 % siswa dengan perolehan kategori sangat baik.

 

References

Wekke, I. S., Barulazi, B., Rais, M., & Idris, M. (2019). Akselerasi Gerakan Dakwah Muhammadiyah di Wilayah Minoritas Muslim Papua Barat.

Widyaningsih, T. L., & Basiron, B. (2016). Pemberian Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Kepada Anak Asuh di Panti Asuhan Yatim Ahmad Yani Al Muslimun Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1).

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019, September). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Game Pada Panti Asuhan Al Maun Di Desa Ngajum. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, No. 1, pp. 1725-1739).

Putri, D. R., Sumartini, N. L. P. U., & Suniantara, K. P. (2018). Belajar Bahasa Sambil Bernyanyi dan Bercerita di Panti Asuhan Anugerah Gereja Bala Keselamatan Denpasar. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 13-18.

Rosyidi, M. I., & Sukrisno, A. (2013). Peningkatan keterampilan berbahasa Inggris dengan metode bercerita bagi anak-anak panti asuhan di Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 11(2), 139-148.

Downloads

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles