Mengasah Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Small Group Discussions Pada Siswa Smp Negeri 16 Kabupaten Sorong

Authors

  • Rezkiah Hartanti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Wael Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hasanudin Hasanudin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kris Uluelang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ruslan Hasyim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i2.1854

Keywords:

Mentoring, Speaking, Small Group Discussions

Abstract

Berbicara merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam mempelajari bahasa. Maka, setiap pembelajar bahasa harus bisa berbicara dengan baik dan benar sesuai dengan struktur tata bahasa yang dipelajari. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengasah keterampilan berbicara siswa  menggunakan small group discussions (SGD). Pengabdian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kabupaten Sorong  dengan menggunakan metode pendampingan. Peserta yang terlibat dalam pengabdian ini adalah siswa-siswi kelas XI yang berjumlah 25 siswa-siswi dengan 5 instruktur. Dalam pelaksanaan pendampingan, peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.  Hasil pencapaian peserta adalah 79,5%, dapat dikategorikan biak kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan. Disamping itu, guru yang mengampuh mata pelajaran bahasa Inggris juga turut serta dalam proses pendampingan yang dilakukan kepada siswa-siswi.

References

Arends, R. I. (1997). Classroom instruction and management. Central Publisher

Bailey, K. M. (2005). Practical English Language Teaching: Speaking. New York: McGraw-Hill.

Brudden, P. M. (1995). Effective english teaching. The Bob's Meril Company

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Longman.

Lubis, Y. (1988). Developing communicative proficiency in the english as a foreign language (EFL) class. Depdikbud.

Ur, P. (1996). A course in language teaching. Cambridge University Press.

Simon. (1972). Value clarification: A hand of practical strategies for teacher and students. Hard Publishing

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Wael, A., Asnur, M. N., & Ibrahim, I. (2018). Exploring Students' Learning Strategies in Speaking Performances. International Journal of Language Education, 66

Wael, A., Saputra D & Setyawati. (2019). Enhancing Students’ Oral Communication By Using Communicative Language Teaching (CLT)

http://trainingadvokasi.smeru.or.id/cso/file/3553.pdf (Retrieved on 20 March 2022)

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)