Peningkatan Pengetahuan Suku Moi Terhadap Pemanfaatan Dan Keberlanjutan Tanaman Sagu

Authors

  • Mira Herawati Soekamto Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ponisri Ponisri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Reijeng Tabara Universitas Nani Bili Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i2.1132

Keywords:

Pengetahuan, Suku Moi, Pemanfaatan, Keberlanjutan, Sagu

Abstract

Sagu sebagai tanaman penghasil pati saat ini merupakan jenis tanaman yang tumbuh melimpah secara alami di daerah Indonesia Timur  seperti pada daerah Kampung Jeflio yang terletak di Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong Propinsi Papua Barat. Keberadaan yang melimpah tidak menjadikan daerah ini memiliki taraf kesejahteraan masyaratat yang tinggi.  Factor tingkat pengetahuan yang rendah menjadi hambatan utama dalam pengelolaan tanaman sagu menjadi produk yang bernilai ekonomi. Melalui kegiatan penyuluhan yang dilakukan dengan pemberian materi tentang pemanfaatan  dan keberlanjutan tanaman sagu melalui budidaya akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang arti penting sagu bagi mereka. Hasil kegiatan yang dilakukan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dari hasil evaluasi yang dilakukan yaitu pemanfaatan tanaman sagu sebesar 50% dan keberlanjutan tanaman sagu melalui proses budidaya sebesar 51.67%. dengan kenaikan ini membuktikan terjadi transfer pengatahuan kepada masyarakat Suku Moi yang mendiami Kampung Jeflio.

References

Flach, M. 1983. Sago Palm Domestication,Explantation, and Production. FAG PlantProduction and Protection Paper. 85 pp.

Hariyanto, B. (2011). Manfaat tanaman sagu (Metroxylon Sp) dalam penyediaan pangan dan dalam pengendalian kualitas lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, 12(2), 143-152.

Ishizaki, A. 1996. Sago: The Future Source of Food and Feed. Closing Remark: In Christine Jose and Aslim Rasyid (eds). Proc.Of the Sixth. Itl. Sago Symp. Pekanbaru. Indonesia.

Lakuy, H. dan J. Limbongan. 2003. Beberapahasil kajian dan teknologi yang diperlukanuntuk pengembangan sagu di Provinsi Papua.Prosiding Seminar Nasional Sagu, Manado,

Limbongan, J. (2007). Morfologi beberapa jenis sagu potensial di Papua. Jurnal Litbang Pertanian, 26(1), 16-24.

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-12

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>