Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Baca dan Digital Berbasis Perpustakaan Online Di Kampung Klabili Distrik Selemkai

Authors

  • Arpian Arpian Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Nur Aswad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Bagas Prasetya Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Endang Syahputri Ode Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Habibi Habibi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Alif Wira Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Thaufiq Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Retno Muhiddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wafiq Salsabillah Khalisa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Yolanda Iriana Manurung Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Syahrul Kahar Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1570

Keywords:

Distrik Selemkai, Literasi Baca Tulis, Literasi Digital

Abstract

Kabupaten Tambrauw secara geografis memiliki wilayah yang begitu besar yang sangat memungkinkan daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun dengan tingginya sumber daya alam tidak di dukung dengan pembangunan sumber daya manusia di daerah tersebut. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini mencakup 2 hal yaitu (1) Untuk menjelaskan sejauh mana peningkatan pengetahuan masyarakat dalam implementasi Literasi Baca, (2) Untuk menggambarkan tingkat keterampilan masyarakat dalam menggunakan literasi digital sebagai media informasi. Metode yang diterapkan dalam program ini mencakup beberapa tahapan yakni: tahap 1 pembinaan dan Pendampingan, salah satunya dengan memberikan modul baca dan mendata buku-buku baca online yang akan digunakan serta mendampingi proses belajar warga. Selanjutnya tahap 2 pelestarian yakni dengan memberikan kepada warga belajar kalimat-kalimat yang lebih komplek, Sedangkan untuk pembelajaran literasi digital diberikan pengkajian informasi yang berkaitan dengan fakta atau kabar yang diterima hoaks. kemudian pada tahap ini juga masyarakat diminta untuk belajar mengakses perpustakaan online. Adapun responden dalam penelitian ini masyarakat kampung Klabili. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa warga cukup tertarik mengikuti pembelajaran yang diberikan, dikarenakan materi yang diajarkan adalah sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan. Berdasarkan perihal tersebut terdapat Peningkatan pengetahuan pada warga belajar dengan rata rata presentase keberhasilan kegiatan sebesar 71 persen. Kemudian pada capaian literasi digital menunjukkan hasil yang cukup baik pula dengan persentase sebesar 69 persen. Hal ini menjelaskan bahwa implementasi pembelajaran yang diberikan mampu berkontribusi dalam mendorong pengetahuan warga, disatu sisi mereka juga terbantu dengan program-program yang diberikan pada saat kegiatan berlangsung.

 

References

Agustin, R., & Sucihati, M. (N.D.). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Menuju Era Masyarakat 5.0.

Al Amin, M., Ferricha, D., & Eviati, D. S. (2021). Laporan Kegiatan KKN V Kelompok 020.

Anggraini, H. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 .

Harifa, A. C., & Sholeh, M. (N.D.). Pendirian Taman Baca Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Literasi.

Jessica, V., Halis, A., Ningsih, D. W., & Virginia, G. F. (N.D.). Pemberantasan Buta Aksara Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Sekitar Hutan Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa.

Kurnianingsih, I., Rosini, & Ismayanti, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi.

Saputra, H. N., & Salim. (2020). Potret Sikap Mahasiswa Dalam Penggunaan Literasi Digital.

Setyaningsih, R., Abdullah, Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning.

Wahyuni, S., Machfudz, M., & Badrih, M. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Melalui Pemberantasan Buta Aksara Guna Menumbuhkembangkan Usaha Kreatif Berbasis Literasi Dan Potensi Lokal.

Downloads

Published

2022-01-22

Issue

Section

Articles