Pengolahan Tepung Sagu Basah Menjadi Aneka Olahan Makanan Oleh Suku Moi Di Kampung Jeflio

Authors

  • Mira Herawati Soekamto Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ponisri Ponisri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zulkarnain Sangadji Univeristas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.806

Keywords:

tepung sagu, makanan, moi

Abstract

Program diversifikasi pangan mengarah pada pengembangan Plasma nutfah hayati lokal dan penganekaragam jenis pangan olahan khususnya pada  wilayah-wilayah pedalamaan dan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Diversifikasi pangan atau yang dikenal dengan penganekaragaman pangan bertujuan untuk meningkatkan bahan pengolahan pangan pada berbagai macam olahan dengan tetap memepertahankan nilai gizi sehingga sasaran ketahanan pangan nasional dapat tercapai dimasyarakat. Kampung Jeflio yang terletak di Kabupaten sorong Papua Barat merupakan kampung yang didominasi suku asli Papua yaitu suku Moi yang mempunyai makanan pokok utama sagu setelah beras. Sumberdaya alam yang melimpah terutama pada tanaman sagunya menjadi sasaaran pengembangan diversifikasi pangan bagi masyarakat Moi karena kenyataan yang ada menunjukkan pemanfaatan dan pengolahan tanaman sagu pada masyarakat Suku Moi hanya pada pengolah menjadi sagu basah yang kemudian diolah menjadi Papeda (makanan khas papua dari sagu). Hasil  dari kegiatan yang dilakukan menunjukkan pengaruh yang nyata dengan adanya dukungan masyarakat dalam mengikuti setiap kegiatan dengan tingkat keaktifan yang tinggi. Kegiatan penyuluhan  tentang budidaya tanaman sagu dan keberlajutan lahan diikuti  masyarakat  suku Moi dan dilanjutkan dengan penanaman bibit tanaman sagu dilapangan. Hasil kegiatan ini mempunyai pengaruh yang sangat besar pada penambahan wawasan masyarakat Suku Moi tentang arti penting  menjaga keberlanjutan sumberdaya alamnya.  Hasil dari kegiatan pengolahan sagu menjadi berbagai jenis makanan menunjukan adanya peningkatan pada ketrampilan  dalam mengolah sagu menjadi beragam. Tidak hanya kaum ibu tetapi remaja putri juga berperan aktif dalam kegiatan demostrasi pembuatan beberapa jenis  makanan.

 

References

Hariyanto, Bambang, Et Al. "Sistem Produksi, Pengolahan Dan Pemanfaatan Hutan Sagu Untuk Penyediaan Pangan Karbohidrat Di Papua Barat."

Griffith Lasamahu, Hellena. 2013. Sagu dan Keberlanjutan Pangan Lokal. Diss. Magister Studi Pembangunan Program Pascasarjana UKSW

Kementan. 2017. Kembangkan Diversifikasi Pangan Berbasis Sagu. http;//www.rmol.co. Diakses18 Juli 2018.

Riany, Yulina Eva. 2006. "Pengaruh Pengolahan Terhadap Indeks Glikemik Pangan Berbahan Baku Sagu (Metroxylon Sp.)."

Tulalessy, Q. D. (2018). Sagu sebagai Makanan Rakyat dan Sumber Informasi Budaya Masyarakat Inanwatan: Kajian Folklor Non Lisan. Melanesia: Jurnal Ilmiah Kajian Bahasa dan Sastra, 1(1), 85-92.

Yuliani, Hilka, Nancy Dewi Yuliana, and Slamet Budijanto. "Formulasi mi kering sagu dengan substitusi tepung kacang hijau." Agritech 35.4 (2015): 387-395

Downloads

Published

2020-01-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>