Analisis Pendapatan Usahatani Dusung Di Desa Hutumuri Kota Ambon

Authors

  • Lanny Wattimena

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v9i1.291

Keywords:

Dusung, Pendapatan, Tingkat Kemiskinan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Hutumuri Kota Ambon. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive, sampel diambil sebanyak 45 petani.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya biaya dan pendapatan yang diperoleh petani dari usahatani dusung, mengetahui tingkat kemiskinan petani yang mengusahakan usahatani dusung dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi usahatani dusung. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis pendapatan usahatani, tingkat kemiskinan menurut Sayogyo, berdasarkan konsep Bank Dunia dan menurut Upah Minimum Provinsi Maluku serta analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani dusung di Desa Hutumuri Kota Ambon masih produktif sebagai sumber pendapatan karena memberikan kontribusi yang tinggi bagi petani dibandingkan dengan UMP yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Maluku. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan petani dari usahatani dusung adalah luas lahan, umur, penyusutan peralatan, jumlah tanggungan keluarga, lamanya berusahatani dusung, pendidikan dan dummy. Pendapatan usahatani dusung berada di atas tingkat kemiskinan disebabkan pendapatan petani dari usahatani dusung per tahun disetarakan dengan kilogram beras di atas 480 kg berdasarkan kriteria Sayogyo, bahkan di atas tingkat kemiskinan menurut Bank Dunia dan di atas Upah Minimum Provinsi Maluku. Ini menunjukkan bahwa petani dusung sejahtera karena pendapatan usahatani dusung masih memberikan peranan penting dalam peningkatan kesejahteraan rumah tangga petani di daerah penelitian.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ayawaila, J. W. 1996. Tinjauan Sosial Budaya Agroforestry Dusung. Pusat Studi Maluku. Universitas Pattimura, Ambon.

Badrun, Muhammad. 2000. Penerapan Paket Teknologi Usaha Budidaya Lahan Kering Berkelanjutan Mendukung Kebijaksanaan Ketahanan Pangan : Suatu Catatan Pengalaman pada Pengembangan Perkebunan. Makalah disampaikan pada Diskusi Panel MMA-IPB, Tanggal 2 Mei 2000. Bogor.

Hernanto, F. 1996. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, IKAPI Jakarta.

Muniarti dan Siregar. U. J. 1996. Usahatani Agroforestry Menuju Lingkungan. Makalah disampaikan pada Lokakarya Peranan Dusung terhadap Kelestarian Lingkungan. Kerja sama WIPTEK-CIDA. Universitas Ambon.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Ekonomi dan Sosial, Jakarta.

Oszaer. 1996. Sistem Agroforestry. Makalah disampaikan dalam Lokakarya Wanita Dalam Sains dan Teknologi Universitas Pattimura Ambon.

Soekartawi, 2003, Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Santoso, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.

Sayogyo, 1983. Menelaah Garis Kemiskinan. Makalah pada Lokakarya Metodologi. Kaji-Tindak Proyek Pembinaan Petani Kecil. Cisarua. Bogor.

Widarjono, A. 2005. Ekonometrika : Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis. Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-12-29

How to Cite

Wattimena, L. (2018). Analisis Pendapatan Usahatani Dusung Di Desa Hutumuri Kota Ambon. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(1), 50–68. https://doi.org/10.33506/md.v9i1.291