KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 3 SORONG

Authors

  • Faisal Eka Mahendra Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.252

Keywords:

author guidelines, Teknik journal, article template

Abstract

This research aim to see the differences between conventional learning and cooperative learning types jigsaw II and NHT combination. In this research, sampling technique using is simple random sampling in tenth science five as an experiment class (method implemented) and tenth science four as an control class (conventional class). The datas about experiment, control class, and experiment try out collecting from documentation method. The test will be given after implementation has done in experiment class and will be given the same test in control class without the implementation. Each RPP signification in t-test are: first RPP is 0,42 < 0,05, second RPP is 0,003 < 0,05, the third is 0,000 < 0,05. The difference will be seen ini t_count > t_table, they are 2,083 > 2,004; 3,084 > 2,004; and 6,982 > 2,004. This shows that t_count > t_table, so Ha being accepted. That means, the average of student's outcomes of experiment class which teachs by jigsaw II and NHT combination really has the difference from conttol class. In this research the average of experiment class is 66,24 when control class is 43,73. It clearly shows that the average of experiment class higher than control class.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Agnes Stevine Luhukay, 2013. Perbedaan Penggunaan Pendekatan Kontekstual dengan Gaya Belajar VAK (Visual-Auditory-Khinesthetic) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Melatih Logika Berpikir Siswa Kelas VIII Mts. Al-Gebra Kota Sorong. Skripsi. Sorong. FKIP. UMS.

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Diah Savitri. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar IPA. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih Jayapura.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Khomsatun. 2013. Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw II dengan Media CD Interaktif dan Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Segi Empat Kelas VII SMP. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA IKIP PGRI Semarang.

Lie, Anita 2002. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: PT. Gramedia.

Ngalimun, 2014.Stratgi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ni’mah Maulidah. 2009. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di MTs Miftahul Falah Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Oktari Adin Widati, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Aritmetika Cepat Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 8 Sorong. Skripsi. Sorong. FKIP. UMS.

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Askara.

Sitorus Herta Delima, dkk. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, et.al.,Teknik Sampling, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003), Cet. 3

Sugiyono. 1999. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari. 2013. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Savi Pada Siswa Kelas V.A Sdit Al-Izzah Sorong. Skripsi. Sorong. FKIP. UMS.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model Pmbelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widiyanto. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA N 4 Kota Sorong. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih Jayapura.

Wikipedia. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Matematika (Online) diakses pada 20 Februari 2014

Downloads

Published

12/15/2018

How to Cite

Mahendra, F. E. (2018). KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 3 SORONG. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 39–51. https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.252

Issue

Section

Articles