Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong

Zakiyah Anwar(1),
(1) 

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Jurnal Noken

DOI : https://doi.org/10.33506/jn.v2i1.22

Full Text:    Language : id
Submitted : 2017-11-19
Published : 2017-11-19

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, SMP Negeri 6 Kota Sorong. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 orang dengan cara Cluster Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini digunakan untuk mengetahui persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar untuk tiap jenis kesalahan. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut persentase tiap jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar adalah kesalahan konsep  sebesar 54, 73%  dikategorikan  dalam kategori rendah, kesalahan fakta sebesar 5,71% dikategorikan dalam kategori sangat rendah, kesalahan prinsip sebesar 53,85% dikategorikan dalam katergori rendah, kesalahan keterampilan sebesar 82,86% dikategorikan dalam kategori tinggi.


References


Bani, Nurwati, 2005. Implementasi Assesment Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Tekstil SMKN 2 Somba Opu Sungguhminasa. Skripsi. Makassar: Tidak diterbitkan

Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1993. Evaluasi dan penelitian. Jakarta: Proyek Mutu Guru. Dirjen Pendidikan

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Rohani, 2000. Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat . Skripsi. Makassar. Tidak diterbitkan

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi Jakarta. Rineka Cipta

Sudjana, Nana, 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; Sinar Baru

------------------------------2005. Pengembangan Program Pengajaran Matematika. Depertemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Makassar Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Wahyudin Djumanta, 2004. Matematika Untuk SMP Kelas VII Semester 1. Bandung; Grafindo

Widyastuti, 2004. Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Sola Turunan Fungsi Trigonometri Pada Siswa Kleas XI IPA SMA Negari 3 Makassar. Skripsi. Makassar; Tidak diterbitkan


Article Metrics

 Abstract Views : 72 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.