PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PBL BERBANTUAN GEOGEBRA

Penulis

  • Gabriella Buria Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Anang Setyo Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4023

Kata Kunci:

Model Pembelajaran; Geogebra; Perangkat Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis PBL berbantuan geogebra yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Universitas Muhammadiyah Sorong, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor total 69,5 untuk RPS dan 56 untuk LKM. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan pelaksanaan pembelajaran menggunakan angket respon dosen dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dalam penggunaannya dengan rata-rata total skor 8,875. Dan berdasarkan hasil tes menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan memenuhi kriteria efektif dengan rata-rata skor hasil belajar yaitu 100% tuntas atau efektif dan respon yang diberikan semua mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah baik. Dengan demikian,perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif.

Referensi

Arsyad, R. Bin, Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96–100. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2096

Arsyad, R. Bin, & Hakim, A. (2019). Diagnosis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 1. https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.474

Eviliasani, K., Sabandar, J., & Fitriani, N. (2022). Problem-Based Learning Assisted by GeoGebra to Improve Students’ Mathematical Understanding. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 85–98. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1092

Fathurrahman, M., Pratiwi, P. D. R., Awairaro, M., Al-lahmadi, N., Silayar, S., & Djakaria, I. (2024). INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA : WAWASAN DARI TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIK Pendidikan Matematika , Universitas Muhammadiyah Sorong , Kota Sorong , Indonesia Pendidikan Matematika , Universitas Negeri Gorontalo , Kota Gorontalo , Indonesi. KAMBIK: Journal of Mathematics Education Volume 2, No. 1, 2024, 66-79 ISSN, 2(1), 66–79.

Hidayatsyah, H., Hidayat, A. T., & Elisyah, N. (2023). Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1915–1923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2425

Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416

Hutasuhut, M., Panjaitan, A., Rangkuti, Y., & Hutasuhut, S. (2023). Development Media Education Based on PBL with the help of Geogebra to Improve Mathematical Creative Thinking Skills of SMK PAB 2 HELVETIA Students. 2–6. https://doi.org/10.4108/eai.1-11-2022.2326173

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Musaad, F., Trisnawati, N. F., Rusani, I., Sundari, S., & Setyo, A. A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Penyajian Data. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(2), 218. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i2.17966

Payapo, F., Kalauw, S., Kilala, R., Sauli, Y., Hulihulis, H., Sanadi, J., Fathurrahman, M., & Djakaria, I. (2024). DINAMIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KONTEKS PANDEMI COVID-19 : SEBUAH ANALISIS BIBLIOMETRIK. 2(1), 1–16.

Priyatno, N., Arnawa, I. M., & Bakar, N. N. (2021). The Development of Mathematics Learning Devices Based on Problem Based Learning and Geogebra-Assisted for Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012004

Puandi, A., Lubis, A., & Mulyono, M. (2024). Development of Problem-Based Student Worksheet Learning Media Using Geogebra to Improve Mathematical Reasoning Skills and Learning Independence. Jurnal Perspektif, 8(2), 149–160. http://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/view/300%0Ahttp://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/download/300/135

Sara Silalahi, Arsyad, R. Bin, Hidayani, H., Kahar, M. S., & Muhammad Fathurrahman. (2022). Analisis Kesulitan Sisa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 371–379. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.1011

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 1). Yayasan Barcode.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra untuk Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA (Vol. 1). Yayasan Barcode.

Supriadi, Rusani, I., Hidayani, & Sira’a, Y. (2024). ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI METODE DUAL SIMPLEKS. KAMBIK: Journal of Matematics Education, 2(1), 80–89.

Trisnawati, N. F., Setyo, A. A., & Warlatu, A. (2024). Improving Mathematical Reasoning Skills Through an Open-Ended Approach Assisted by Google Classroom and Google Meet. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 489–502.

Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal …, 9, 203–214. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n2_03

Wulaningsih, S. A., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Android. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 101–114. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i2.4515

Yerizon, Arnawa, I. M., Fitriani, N., & Tajudin, N. M. (2022). Constructing Calculus Concepts through Worksheet Based Problem-Based Learning Assisted by GeoGebra Software. HighTech and Innovation Journal, 3(3), 282–296. https://doi.org/10.28991/HIJ-2022-03-03-04

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Gabriella Buria, Rahmatullah Bin Arsyad, & Arie Anang Setyo. (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PBL BERBANTUAN GEOGEBRA. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 151–160. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4023