ANALISIS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BERSUSUN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 5 DOOM

Penulis

  • Fatmawati Payapo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jenro Pandu Sijabat Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4008

Kata Kunci:

penjumlahan bersusun, sekolah dasar, post-test, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pembelajaran matematika pada materi penjumlahan bersusun di kelas 3 SD Negeri 5 Doom. Dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui post-test yang melibatkan 19 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 47% siswa mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75, sementara 53% lainnya masih di bawah KKM. Faktor-faktor seperti kurangnya minat belajar, keterbatasan alat belajar, dan minimnya pendampingan keluarga menjadi penyebab utama kesulitan siswa. Analisis jawaban menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah sering mengalami kesalahan dalam memahami soal, siswa dengan kemampuan sedang masih ceroboh, sedangkan siswa berkemampuan tinggi menunjukkan penguasaan yang baik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran interaktif, latihan tambahan, dan pendampingan intensif dari guru dan orang tua untuk meningkatkan pemahaman siswa secara merata.

Referensi

Ahdan, S. (2020). Perancangan Learning Media For Basic Techniques Of Volleyball Using Android-Based Augmented Reality Technology. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 8(03), 221. https://doi.org/10.35450/jip.v8i03.207

Anditiasari, N., Pujiastu, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 12(2), 236–248.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Faturrochmah, H., Sary, R. M., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 310–321. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1404

Jurnal, W., Saputra, Ma., Putri, H., Darmawan, D., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., & Taman Siswa Bima, S. (2024). Indonesian Research Journal on Education Karakteristik Pembelajaran IPS SD. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232.

Kholidah, I. R., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 428–431.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 107–114.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.

Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540–545. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3041

Mahendra, F. eka, Hasanudin, Reawaruw, M. F., Ramadhani, N. M., & Andini, R. (2024). MATEMATIKA MELALUI LITERASI NUMERASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. KAMBIK: Journal of Matematics Education, 2(1), 55–65.

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941

Parnabhhakti, L., Ulfa, M., & Indonesia, U. T. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 11–14.

Permata, P., & Rahmawati, W. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 277–286. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2985

Prabasiwi A, P. S. (2019). Kajian Deskriptif Kuantitatif Tingkat Pengetahuan Dan Tindakan Swamedikasi Diare Pada Siswa Smk Farmasi Saka Medika Kabupaten Tegal. Jurnal Farmasi Galenika, 5(3), 141–150.

Ratnasari. (2017). Berpikir Matematis (Matematika Untuk Semua). Procediamath, 8(1), 40–51.

Royani, A., & Muafia, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Interaktif pada Materi Huruf Hijaiyah Bersambung dan Harakat di Kelas II SD Negeri 1 Plalangan. 160–169.

Ruslan, M., Anang, A., Musa, F., & Gegetu, U. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matika Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. KAMBIK: Journal of Matematics Education, 2(1), 29–41.

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15.

Setiani, N., Wakinah, W., Nurazizah, S., & Andriani, E. (2024). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(8), 634–638. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i8.225

Sidik, A. (2015). Teori, strategi dan evaluasi merancang website dalam perspektif desain.

Smp, M. D. I. (2017). 1) , 2) , 3). 7(1).

Syahidah, N., Kusasi, M., Analita, R. N., & Sholahuddin, A. (2024). PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN TES MATERI STOIKIOMETRI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA Development of E- Instruments for Stoiciometric Material Tests Using Blooket Games to Measure Critical Thinking Ability in High School Students. 7(3), 161–174.

Triastuti, E. (2020). Model Pembelajaran Stem Pjbl Pada Pembuatan Ice Cream Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Dan Wirausaha. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.159

Trisnawati, N. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Pada Siswa Kelas Vb Sd Muhammadiyah I Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 26. https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.257

Utami, Y. P., & Ulfa, M. (2022). Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika. Mathema Journal E-Issn, 3(2), 2021.

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Payapo, F., Anwar, Z., & Sijabat, J. P. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN BERSUSUN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 5 DOOM. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 132–139. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.4008